Menjelajahi Jejak Eropa Bersama Soerakarta Walking Tour

Biasa melihat-lihat di Instagram, akhirnya Sabtu kemarin kesampaian juga ikut salah satu tur yang diadakan oleh Surakarta Walking Tour. Berkumpul di Balaikota Surakarta, tema tur kali ini adalah Jejak Eropa. Sesuai waktu yang sudah ditentukan, pukul 08.00 tur dimulai. Tempat yang kami tuju pertama kali adalah bungker yang ada di bagian belakang balaikota. Dari bungker kami menuju ke gereja Katolik yang berada tidak jauh dari balaikota.

Namanya walking tour tentu saja kami berkeliling dengan jalan kaki. Di sepanjang jalan atau tempat yang kami tuju, pemandu dari Soerakarta Walking Tour akan berbagi informasi dan pengetahuan seputar tempat-tempat tersebut, seperti sejarahnya. Untuk ikut tur semacam ini peserta bisa memantau akun Instagramnya di sini. Ada kuota yang ditentukan jadi cepat-cepatan ya. Biasanya untuk jadwal Sabtu akan mulai dibagikan Rabu malam. Tidak dikenakan biaya untuk ikut tur ini. Pemandu akan mengedarkan “kantong” yang bisa diisi oleh peserta seikhlasnya. Namun untuk beberapa tur ada yang dikenakan biaya, seperti tur khusus dengan naik Bus Werkudara yang dijadwalkan pada hari Minggu kemarin atau tur-tur khusus kuliner, dll. Sabtu kemarin pesertanya sekitar dua puluh lima orang. Kuota ini juga bisa berbeda setiap turnya.

Tur kemarin kurang lebih sekitar dua jam. Tidak banyak jejak Eropa yang tersisa, yang kami kunjungi kemarin. Beberapa tempat juga sudah berubah baik bentuk maupun fungsi. Meskipun demikian, ikut tur semacam ini tetap menyenangkan. Jalan kaki selain menyehatkan juga menambah wawasan. Tidak perlu khawatir kecapaian, jalannya tidak jauh-jauh amat dan banyak berhenti karena sambil mendengarkan informasi dari pemandunya. Seperti apa keseruannya? Seperti di video ini!

Leave a comment