Berkunjung ke Negeri Kecil nan Kaya, Brunei Darussalam

whatsapp-image-2017-02-16-at-10-13-20-am

Langsung mengiyakan saat seorang teman mengajak “liburan” ke negeri yang terkenal kaya karena minyak ini, Brunei Darussalam. Cuti? Uang? Pikir mburi, penting ho oh dhisik. Meskipun juga tak yakin kalau di negara yang dipimpin Sultan Hasanah Bolkiah ini kaya akan tempat wisata yang bagus, tapi toh pergi juga. 

Seperti yang diprediksi sebelumnya, dari beberapa teman juga bilang, tidak banyak tempat menarik di Brunei Darussalam. Masih kalah sama negeri kita sendiri. Tapi buat yang mau mencoba melancong ke negeri ini, setidaknya ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi:

whatsapp-image-2017-02-16-at-10-13-22-am-1

Jerudong Park

Di Indonesia kita mempunyai banyak wahana bermain sekelas Dufan, dll. Di Brunei wisatawan bisa bermain di Jerudong Park. Selayaknya wahana permainan, Jerudong Park dilengkapi wahana-wahana seperti Bianglala, Halilintar, Komedi Putar, Water Boom, Bom-Bom Car dan lain-lain. Untuk masuk ke Jerudong Park, pengunjung atau wisatawan luar akan dikenakan tiket 20 dolar Brunei atau sekitar dua ratus ribu rupiah, untuk orang dewasa. Untuk anak-anak tiketnya cukup 10 dolar Brunei atau separuhnya.

 


Kampung Ayer

Kampung Ayer merupakan kampung terapung atau kampung air terbesar di Brunei Darussalam. Berkeliling Kampung Ayer pengunjung bisa menyewa perahu motor atau speedboat. Kebetulan kemarin saat ke Kampung Ayer aku dan temanku diajak ke rumah pemilik perahu yang kami sewa. Kami sempat berkeliling sebentar dan karena hujan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah panggung. Di rumah tersebut kami disuguhi jajanan juga teh. 

SONY DSC

Oil and Gas Discovery Center

Oil Gas Discovery Center atau biasa disingkat dengan OGDC bisa menjadi pilihan tempat untuk dikunjungi di Brunei. Sesuai dengan namanya, di sini pengunjung bisa mempelajari tentang kekayaan alam Brunei, yaitu minyak. Menawarkan berbagai macam informasi juga edukasi seputar minyak, OGDC menyediakan banyak alat percobaan sederhana namun menarik, terutama bagi anak-anak.

Masjid-Masjid Besar

Mencari masjid di negeri ini tidak susah, bahkan sangat mudah. Negeri dengan penduduk mayoritas muslim ini memang terkenal akan masjid-masjidnya yang megah. Masjid Ash Saleheen, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien juga Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah adalah contoh masjid dengan arsitektur cantik dan megah yang ada di Brunei Darussalam. Khusus untuk masjid, pengunjung hanya boleh mengambil foto di luar masjid, tidak boleh memotret dalam masjid.

whatsapp-image-2017-02-16-at-10-36-12-am-1

Empire Hotel

Selain memang sebagai tempat menginap, Empire Hotel dibuka untuk para wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati pemandangan serta kemegahannya. Hotel dengan tarif semalam minimal lima jutaan ini begitu luas dan megah. Ditambah pemandangannya yang penuh pepohonan juga pantai dan laut lepas, menjadikan hotel ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Brunei.

SONY DSC

 

Gadong Night Market

Berlibur tanpa merasakan kuliner penduduk setempat tentu kurang lengkap. Gadong Night Market menawarkan surga kuliner bagi yang suka jajan. Makanan mulai dari yang berat, jajanan sampai buah-buahan dan minuman segar akan memuaskan bukan hanya pandangan tapi juga perut. Meja-meja penuh makanan yang disajikan terbuka membuat pengunjung bebas melihat, merasakan aroma juga memilih. Gadong Night Market, sesuai namanya, hanya buka malam hari. Kalau jalan-jalan ke sini siapkan uang dan perut kosong agar bisa puas mencicipi berbagai makanan dan jajanan yang menggugah selera.

whatsapp-image-2017-02-16-at-10-16-35-am

Selain beberapa wisata di atas, masih ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Brunei seperti Istana Nurul Iman, Tasek Lama juga Royal Regalia Museum, dll. Lain kali disambung lagi. Selamat macul! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s