“Ngecek Anak Buah” di Miri, Serawak

SONY DSC

Beberapa waktu lalu, di antara jadwal manggung yang lumayan padat, akhirnya dapat kesempatan mengunjungi anak buah yang ada di negeri seberang. Sudah biasa melihat patung buaya di depan Kebun Binatang Surabaya, juga miniaturnya di samping belakang Monumen Kapal Selam, kali ini melihat langsung buayanya. Bukan pengalaman pertama sebenarnya, karena buaya bisa dibilang salah satu binatang favorit, tapi pengalaman pertama melihat peternakannya atau crocodile farm.

SONY DSC

Masuk ke Miri Crocodile Farm, pengunjung disuguhi pemandangan kolam alami yang asri. Setelah melewati loket dan dipasang gelang tiket, pengunjung bisa langsung masuk dan berkeliling. Tiket masuk ke peternakan buaya ini adalah 36 RM untuk warga negara asing dewasa. Kurang lebih sekitar 125 ribu. Di bagian depan setelah pintu masuk terdapat satu kandang ular (yang tidak perlu difoto daripada merinding) juga counter suvenir.

SONY DSC

Kebetulan saat menginjak Miri Crocodile Farm, hujan baru berhenti. Tanah peternakan beberapa masih tampak becek. Tidak banyak pengunjung waktu itu, mungkin karena bukan musim liburan meskipun hari itu Minggu. Terdapat beberapa kandang buaya besar di tempat ini. Pengunjung bisa masuk dan naik ke jembatan kayu. Buaya-buaya besar dan kecil tanpa tenang. Ya sesekali ada yang terlihat bergerak tapi payah, susah.

SONY DSC

SONY DSC

Bukan hanya buaya, di sini juga terdapat kebun binatang kecil dengan beberapa jenis hewan. Ada burung, ada beruang, ada rusa, dll. Tapi tentu yang lebih menarik adalah melihat buaya-buaya di kolam mereka masing-masing. Oh iya, ada juga ular seperti yang aku bilang di atas, yang sebaiknya tidak difoto 😦

Di kandang rusa, pengunjung bisa memberi makan dengan membayar 1RM, kalau tidak salah lihat. Seperti juga namanya, Mini Zoo, kebun binatang di Miri Crocodile Farm ini tidak terlalu luas dan tak banyak koleksi binatangnya. Oh iya, pengunjung juga bisa kalau mau foto sama buaya atau ular. Kalau aku sih mending makan.

SONY DSC

SONY DSC

 

Oh iya, Miri Crocodile Farm and Mini Zoo ini terletak di Lutong, Serawak, Malaysia. Dengan bis kurang lebih memakan waktu 2 jam dari Bandar Seri Begawan. Jadi buat yang ingin kaffah jadi buaya tempat ini bisa jadi rujukan. Tempatnya asri dan sejuk, cocok sekali buat yang mau gigit-gigit manja sama pasangan buayanya.

SONY DSC

SONY DSC

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s