Mengelilingi Mini Indonesia

Aku masih ingat betul foto Om Djon di depan sebuah bangunan yang mirip keong. Foto lawas yang membawa sebuah harapan bahwa suatu saat nanti aku akan berkunjung ke tempat ini. Keong Mas, begitu disebutnya, adalah sebuah bangunan yang menjadi ikon Taman Mini Indonesia Indah, suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang   mulai dibangun pada 1972 atas gagasan dari Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Tien Soeharto.

SONY DSC

Keong Mas, TMII

Melihat mini Indonesia dengan luas kurang lebih 150 hektare membutuhkan lumayan banyak tenaga, apalagi jika berkunjungnya bukan murni untuk liburan saja. Keluar dari rombongan yang harus mengikuti permainan, aku memilih nggandol kereta mini dengan tiket 10rb yang kebetulan melintas. Tak puas hanya berkeliling dengan kereta mini, perjalanan keliling aku lanjutkan dengan menyewa sepeda tandem seharga 30ribu per jam.

SONY DSC

Rumah Tongkonan

Anjungan Sulawesi Selatan adalah anjungan pertama yang kukunjungi. Tempatnya menarik dan lebih-lebih karena memang ada keinginan untuk berkunjung ke Tanah Toraja. Sempat masuk ke dalam salah satu rumah Tongkonan dan melihat isi di dalamnya di mana ada barang-barang suvenir juga ruang-ruang yang menjadi bagian khas sebuah rumah Tongkonan.

 

Anjungan selanjutnya yang menarik hati adalah anjungan Bali. Suasana khas Bali begitu kental terasa. Rasanya seperti sedang berada di Bali. Sebuah sesajen diletakkan di depan pintu gerbang dengan dua patung ular penjaga.

SONY DSC

Sesajen

 

Anjungan selanjutnya yang kukunjungi adalah anjungan Sumatera Barat. Bentuk bangunannya besar-besar dan menarik hati karena mengingatkan pada impian yang ingin segera diwujudkan, mengunjungi Bukittinggi. Rumah Gadang yang megah menyambut begitu masuk ke anjungan ini. Teringat pada novel-novel lama yang biasa kubaca, membayangkan berada di rumah ini di tempat asalnya. Syahdu.

whatsapp-image-2017-01-20-at-10-08-09-am

Rumah Gadang

Masih banyak anjungan yang menarik, tapi sayang belum sempat kukunjungi. Suatu saat jika ada kesempatan ingin mengunjungi semua anjungan yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ini. Syukur-syukur bisa langsung berkunjung ke tempat aslinya. Seperti kata Paulo Coelho, “And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.”  Aamin!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s