Jalan-Jalan Ke Kebun Kopi Karanganyar, Blitar

Sudah pernah ke Blitar? Belum atau ada keinginan mau ke Blitar? Kali ini mau berbagi wisata yang lumayan masih baru di Blitar, namanya Kebun Kopi Karanganyar. Kebun Kopi Karanganyar terletak di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata lain di Blitar, seperti Candi Penataran, Kampung Anggrek maupun Gunung Kelud. Dari makam presiden pertama RI juga tidak terlalu jauh. Lokasinya mudah dijangkau, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

SONY DSC

Ada apa di Kebun Kopi Karanganyar? Begitu masuk lokasi wisata ini, pengunjung akan disambut beberapa wahana permainan anak. Sebuah bangunan bermodel benteng yang digunakan sebagai cafe juga akan tampak saat mulai mendekat, setelah melewati gerbang masuk. Sebelum masuk lebih jauh, di depan samping ada bangunan tua dengan tulisan yang menandakan tempat wisata ini yang digunakan sebagai kantor.

 

 

Di sini juga terdapat dua museum. Museum pertama bernama Museum Purna Bakti yang di dalamnya terdapat meja kerja salah satu pemilik tempat wisata ini juga sekaligus mantan bupati Blitar, Bapak Herry Noegroho. Beberapa foto juga lukisan dipajang di museum ini. Pengunjung bisa berfoto di ruangan ini, termasuk di meja kerja tersebut.

Museum yang kedua berisi keris, tombak dan jenis senjata lainnya. Lumayan banyak koleksi keris di museum ini. Sayangnya di sini tidak boleh mengambil foto. Posisine tepat berada di belakang museum yang pertama.

 

Selain dua museum tadi juga terdapat Rumah Loji. Rumah lawas dengan ciri bangunan Belanda ini tampak bersih dan rapi. Kalau masuk ke sini pengunjung akan diminta antri. Ada seorang tour guide yang akan memandu sambil memberi penjelasan mengenai ruangan-ruangan yang ada di Rumah Loji ini.

SONY DSC

Teras Rumah Loji

SONY DSC

Rumah Loji dari samping

Jalan-jalan tanpa makan dan menikmati kopi di Kebun Kopi tentu kurang lengkap. Pengunjung bisa masuk ke cafe atau memilih duduk di beberapa tempat duduk yang disediakan di teras samping. Menunya bermacam-macam dengan harga bervariasi. Harga segelas kopi harganya 7500, sedang jajanan seperti wafel atau pancake mulai 12.500 sampai 15.000. Jajanan lain juga ada, dengan harga yang lebih mahal.

SONY DSC

Kopi, segelas 7,5rb

SONY DSC

Waffle

Oh iya, harga tiket masuk ke Kepun Kopi Karanganyar 5 ribu, cukup murah kan. Jalan-jalan menikmati hawa sejuk dan hijau pepohonan sambil mendengarkan cerita sejarah dari guide-nya juga nyruput segelas kopi sambil kumpul bersama keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan mengisi waktu liburan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s