Ini Pecel Leleku

Apa yang ada di bayanganmu saat ada orang menyebut Pecel Lele? Lele goreng dengan sambal merah merona dan lalapan yang biasanya dijual di warung-warung pinggir jalan dengan nama warung berembel Lamongan? Mungkin seperti itu bagi sebagian orang. Seperti saat aku coba masukkan nama kuliner itu di Google, gambaran seperti itu lah yang keluar.

SONY DSC

Pecel Lele dalam proses

Wikipedia mendefinisikan Pecel Lele atau Pecak Lele seperti ini:

Pecak lele (atau lebih dikenal pecel lele) di Indonesia adalah nama sebuah makanan khas Jawa Tengah[1] yang terdiri dari ikan lele dan sambal (bumbu) pecak. Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang.

Tapi ada hal berbeda tentang Pecel Lele di tempatku. Pecel Lele adalah salah satu kuliner yang sangat digemari di rumahku. Tidak seperti bayangan sebagian besar orang, Pecel Lele di tempatku, khususnya di rumah, bukan hanya sekadar lele goreng dengan sambal dan lalapan. Pecel Lele adalah menu makanan yang dimasak dengan santan dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kemangi dan tentunya cabai.

SONY DSC

Pecel Lele siap disantap

Beberapa mungkin akan ada tambahan bumbu dan variasi. Yang pasti Pecel Leleku tidak hanya “garingan” tapi berkuah dan pedas dengan segarnya daun kemangi. Dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk akan membuatnya semakin mantap. Benarkah Pecel Lele seperti itu? Aku tidak tahu. Dari kecil seperti itu lah yang kudengar dan kurasakan ketika penguasa dapur di rumah memasak Pecel Lele.

Kalau di rumah ada beberapa bumbu tambahan yang aku kurang tahu, tapi buat anak kos atau teman yang coba belajar masak aku mau bagi resep sederhana membuat Pecel Lele.

Bahan:

5 Ekor lele

Santan sekitar 1 liter (biasa beli kelapa parut 2rb)

Cabai rawit sesuai selera (semakin banyak semakin mantap)

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 ikat kemangi

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Cara Memasak:

Goreng lele, sisihkan. Haluskan semua bumbu, sisihkan. Masukkan bumbu ke wajan dengan sedikit minyak goreng, tumis sebentar lalu masukkan lele dan santan. Taburkan garam dan gula pasir. Jika sudah mulai mendidih masukkan kemangi yang sudah dibersihkan dan dipotong. Tunggu sampai matang.

SONY DSC

Pecel Lele ditemani brokoli goreng tepung dan pepaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s