Buku: Salah Pilih

Judul Buku                  : Salah Pilih

Penulis                         : Nur St. Iskandar

Penerbit                       : Balai Pustaka

Tahun Terbit               : 2013 (cetakan ke-33)

Jumlah Halaman         : viii + 266 halaman

“Salah Pilih” adalah salah satu novel karya Nur Sutan Iskandar yang berkisah tentang percintaan anak muda dengan latar kehidupan Minangkabau. Tokoh utamanya, Asri, adalah seorang pemuda terpelajar yang hidup sederhana bersama ibunya yang seorang janda dan adik angkatnya, Asnah. Dibesarkan bersama-sama dari kecil, rasa sayang yang tadinya sebatas antara seorang adik dan kakak baru disadari Asnah telah berubah menjadi cinta setelah Asri akan menikah.

Asri yang berparas tampan memilih Saniah, seorang perempuan muda dari keluarga kaya yang juga berparas rupawan. Meskipun sempat ragu karena Asri tahu Saniah terbiasa hidup dalam kemewahan dan manja, mereka berdua akhirnya menikah. Sifat Saniah yang sebelumnya diharapkan bisa diarahkan setelah menikah ternyata tidak berubah. Saniah yang terbiasa dimanja tidak bisa mengikuti kehidupan di rumah Asri. Saniah bahkan juga membenci Asnah.

salah-pilih-karya-nur-st-iskandar

Asnah yang memendam perasaannya memutuskan untuk menolak lamaran seorang pemuda karena merasa tidak akan bisa mencintai dan tidak ingin mencintai laki-laki lain. Hidupnya ingin dia abdikan mengurus rumah tangga ibu angkat dan kakaknya. Bukannya merasa tertolong dengan Asnah yang selalu bekerja keras, Saniah sebaliknya semakin tidak suka pada Asnah. Asnah yang merasa keberadaannya akan mengganggu rumah tangga kakaknya ingin pergi dari rumah itu.

Ibu Asri, di saat-saat terakhir hidupnya, menyadari kalau Asnah punya perasaan lebih pada kakaknya. Perempuan tua itu juga menyadari “kesalahannya”. Ia sadar seharusnya menyatukan Asri dan Asnah, bukan memilih perempuan lain sebagai menantu. Ia kenal betul Asnah dan betapa anak angkatnya itu adalah seorang perempuan yang baik dan mampu mengurus rumah tangga dengan baik.

Percintaan yang awalnya tidak bisa bersatu ini akhirnya menemukan jalannya. Saniah meninggal karena mengalami kecelakaan mobil saat pergi dengan keluarganya. Sebelum menghembuskan napas terakhir, ia meminta maaf pada suaminya. Meskipun sempat mengalami penolakan karena hubungan yang dianggap tidak baik, antara adik dan kakak meskipun bukan saudara kandung, Asri dan Asnah akhirnya bisa bersatu dan kembali ke tanah kelahiran mereka setelah sempat pergi ke Jawa.

“Salah Pilih” adalah salah satu karya sastra klasik terbitan Balai Pustaka. Buku ini dikenalkan di sekolah-sekolah sebagai bagian dari materi pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang yang diambil di novel ini tidak jauh dari latar belakang sang penulis sendiri. Bahasa Melayu yang digunakan, latar kehidupan sosial tokoh-tokohnya yang memberi gambaran tentang adat di Minangkabau, menjadi tambahan pengetahuan yang bisa diambil dari novel ini.

Advertisements

2 thoughts on “Buku: Salah Pilih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s