Pasar Malam Sekaten Sudah Datang

SONY DSC

Bianglala atau dremolem

Jum’at kemarin tepatnya tanggal 18 November 2016, Pasar Malam Sekaten kembali dibuka. Acara tahunan ini sedianya akan hadir di Alun-alun Lor Yogyakarta sampai tanggal 11 Desember 2016. Berbagai wahana permainan mulai dari Bianglala atau dremolem, Kora-Kora atau perahu kayu yang hampir selalu riuh dengan jeritan penumpangnya, Tong Edan atau atraksi sepeda motor memutari tong besar, dan masih banyak lagi, sangat patut dicoba. Jajanan Pasar Malam Sekaten juga tidak bisa dilewatkan, seperti sate gajih, berbagai gorengan, kerak telur, dll. Jajanan es juga makanan kecil lainnya yang berubah mengikuti perkembangan tren juga ada. Dan yang tidak pernah ketinggalan tentunya Awul-Awul.

SONY DSC

Menikmati minuman di angkringan, bisa pilih glesotan di tikar

Sejak tinggal di Jogja, setiap tahun Pasar Malam Sekaten tidak pernah kulewatkan. Sekadar cari jajanan, mencoba wahana bermain yang ada atau cari gombal alias ngawul. Untuk wahana permainan tiketnya kurang lebih sama, antara 8-10 ribu. Sedang untuk jajanan bervariasi. Yang pasti siapkan perut dan uang saku. Buat yang suka fashion, Pasar Malam Sekaten menyediakan beberapa lapak Awul-Awul. Segala pakaian dari dewasa, laki-laki dan perempuan, anak-anak ada. Pakaian-pakaian bekas yang dijual dengan harga miring bisa jadi pilihan buat yang suka baju tapi tak punya banyak dana.

 

Begitu banyak permainan mulai yang khusus buat anak-anak sampai yang bisa untuk orang dewasa. Kalau aku dan temanku paling suka Bianglala. Tidak terlalu tinggi sebenarnya, tapi cukup untuk melihat keriuhan pasar malam dari ketinggian dan cukup membuat jantung dag dig dug. Besi-besi tua yang karatan sebagai penopang mengeluarkan bunyi-bunyian yang cukup menggetarkan, membuat khawatir apakah benar aman. Jajanan yang begitu banyak dengan warna-warni, bentuk juga bau yang menggoda tentunya harus diperhatikan baik-baik. Jangan sampai karena lapar mata kemudian malah sakit karena pilihan makanan yang kurang bersih atau sehat. Untuk Awul-Awul, siapkan diri dan waktu untuk memilih. Sekian banyak baju, karena juga bekas, harus diperhatikan apakah ada sobek atau cacatnya.

SONY DSC

Awul-awul, cara murah untuk tampil modis

SONY DSC

Mancing Mania juga ada

SONY DSC

Tong Edan

Hadir hampir satu bulan, Pasar Malam Sekaten bisa menjadi pilihan liburan. Kalau boleh saran sebaiknya hindari akhir pekan karena pengunjung akan tumpah ruah di hari-hari tersebut. Mulai dari Alun-alun Lor sampai Malioboro yang menjadi pusat kepadatan wisatawan di Jogja akan membludak di akhir pekan. Tapi jika memang suka keriuhan sebaiknya pilih jalan kaki saja atau parkir kendaraan agak jauh. Pasar Malam Sekaten akan semakin indah dinikmati malam hari.

SONY DSC

Senja di atas Alun-alun Lor

Advertisements

4 thoughts on “Pasar Malam Sekaten Sudah Datang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s