Film: The Wailing

RR-Camp F

Ketenangan sebuah desa kecil terusik ketika suatu hari terjadi pembunuhan di salah satu rumah warganya. Suami istri petani gingseng ditemukan tewas di rumah meraka dalam keadaan yang menggenaskan. Seorang polisi, Jong Goo (Kwak Do Won) yang tinggal di desa itu bersama anak, istri dan mertua perempuannya turut menyelidiki pembunuhan. Dari hasil penyelidikan, pembunuh yang ditangkap langsung di lokasi pembunuhan menurut hasil penyelidikan terpengaruh jamur yang membuatnya “mabuk”. Dia seperti kehilangan akal dan juga mengalami penyakit kulit yang belum jelas penyebabnya.

Sebelumnya, rumor di desa yang telah berkembang, seorang laki-laki tua Jepang (Jun Kunimura) yang tinggal di dalam hutan dianggap sebagai penyebab keanehan yang terjadi. Laki-laki itu dipercaya bukanlah seorang manusia. Meskipun begitu belum ada yang pernah membuktikan. Tapi ketika kemudian kembali terjadi pembunuhan berikutnya yang mengambil lebih banyak korban di rumah salah satu warga, rumor tersebut semakin dipercayai. Pelaku pembunuhan selalu orang terdekat dan seperti kehilangan akal. Dan lagi-lagi ditemukan penyakit kulit misterius pada pelaku pembunuhan.

the-wailing-4

Jong Goo yang tadinya tidak percaya dengan rumor berusaha menyelidiki. Ia sendiri sering sekali mengalami mimpi buruk, di mana dalam mimpinya dia seperti dikejar-kejar laki-laki tua tak berbaju yang menghisap darah mangsanya. Jong Goo bersama seorang rekan polisi dan keponakan si rekan yang bisa berbahasa Jepang pergi untuk melihat rumah laki-laki tua Jepang yang tinggal bersama seekor anjingnya. Mereka menemukan barang-barang yang digunakan untuk sebuah ritual di rumah itu. Bukan itu saja, mereka juga mendapati foto-foto korban sebelum pembunuhan dan sesudahnya. Beberapa barang korban juga ditemukan di salah satu ruang yang ada di rumah tersebut. 

10_4

Jong Goo yang masih saja bermimpi buruk semakin yakin bahwa pelaku di balik semua kasus yang terjadi di desanya adalah laki-laki tua Jepang itu. Dia juga mendapat informasi dari seorang perempuan muda misterius (Chun Woo Hee) yang muncul saat ia menjaga rumah salah satu korban pembunuhan yang yakin penyebab semua kejadian di desa mereka adalah laki-laki tua Jepang itu. Saat anak perempuan Jong Goo sakit dan bertingkah tidak wajar, ia pun mengikuti permintaan mertuanya untuk memanggil seorang cenayang ternama (Hwang Jung Min) untuk mengusir kekuatan jahat yang merasuki putrinya.

Film dengan durasi cukup panjang ini, 2 jam 36 menit, awalnya cukup menyenangkan. Misterius dan cukup seram. Sisi misteri yang terus dipertahankan sampai hampir di menit-menit terakhir film cukup membuat penasaran tapi juga kemudian membosankan dengan dialog-dialog panjang tanpa menampilkan ketegangan. Dugaan yang sebelumnya sudah mulai matang dibuat mentah lalu kembali dipertanyakan lagi. Keyakinan yang menemukan keraguannya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s