Buku: Keluarga Gerilya

Judul Buku                  : Keluarga Gerilya

Penulis                         : Pramoedya Ananta Toer

Penerbit                       : Penerbit Pembangunan Djakarta

Tahun Terbit                : 1955

Jumlah Halaman         : 239 halaman

keluarga-gerilya

“Keluarga Gerilya” adalah karya fiksi Pram, sebuah novel, yang berkisah tentang keluarga Amilah, seorang janda dan anak-anaknya yang hidup di zaman revolusi. Tokoh utamanya, Saaman, adalah seorang tukang becak yang menjadi tulang punggung keluarganya. Dulunya Saaman adalah seorang pegawai Kementerian Kemakmuran. Saaman mempunyai enam saudara, dua di antaranya, Tjanimin dan Kartimin adalah prajurit gerilya.

Amilah sendiri dikenal sebagai perempuan simpanan di tangsi KNIL. Dia mulai kehilangan akalnya saat Saaman tiba-tiba ditangkap oleh militer Belanda. Setiap hari dia marah-marah, mencaci, histeris juga melamun, mencari-cari anaknya. Masa revolusi yang sulit digambarkan jelas lewat kehidupan yang dijalani oleh keluarga Amilah. Bagaimana mereka harus berjuang untuk hidup di tengah kemiskinan dan kondisi keamanan yang tidak menentu.

Novel “Keluarga Gerilya” ditulis saat Pram berada di penjara Bukit Duri pada tahun 1949. Konflik batin para tokohnya, terutama yang dialami oleh Saaman digambarkan dengan baik oleh Pram. Cerita yang digambarkan dalam tiga hari tiga malam ini membuat novel ini begitu padat dalam setiap fragmennya.

Kehidupan sulit keluarga Amilah semakin menjadi. Tjanimin dan Kartimin gugur di medan perang revolusi, Saaman sendiri pada akhirnya gugur di depan regu tembak. Adik perempuannya, Salamah, diperdaya dan diperkosa oleh seorang sersan. Tragedi keluarga Amilah terus berlanjut. Rumah mereka kebakaran karena dibakar oleh Amilah dan Amilah sendiri kemudian menjadi gila.

Seperti juga tulisan Pram lain, “Keluarga Gerilya” penuh dengan pelajaran tentang hidup. Gambaran perjuangan anak bangsa, nasionalisme, kehidupan rakyat kecil dan prinsip-prinsip yang dipegang teguh meskipun dalam kondisi sangat sulit menjadi pesan yang bisa diambil dari kisah di novel ini.

*Sebelumnya diposting di sini http://wadahceloteh.com/keluarga-gerilya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s