Film: Don’t Breathe, Tahan Napasmu Jika Ingin Selamat

dontbreathelarge

Film thriller keluaran 2016 yang disutradarai oleh Fede Alvarez dan ditulis olehnya bersama Rodo Sayagues, Don’t Breathe, berkisah tentang tiga orang pencuri muda yang berharap bisa mengambil uang tunai sebanyak 300.000 dolar Amerika dari korbannya (Stephen Lang). Rocky (Jane Levy), Alex (Dylan Minnette), dan Money (Daniel Zovatto) tinggal di Detroit. Rocky punya seorang adik perempuan bernama Diddy dan tinggal bersama ibunya yang seorang pecandu alkohol. Rocky yang sudah muak dengan kelakuan ibunya bersama kekasihnya, Money, ingin segera pergi dari Detroit dan pindah ke California.

dontbreathetrio-0

Ketika kemudian mereka mendapat informasi ada seorang pensiunan tentara yang menyimpan uang tunai, hasil dari kompensasi anaknya yang meninggal karena kecelakaan ditabrak seorang perempuan kaya yang berhasil meloloskan diri dari hukuman, tiga pencuri ini mulai mengatur strategi. Awalnya Alex tidak setuju, tapi ia tidak bisa menolak saat Rocky memintanya untuk ikut. Alex yang memendam perasaan pada Rocky sejak lama itu luluh juga.

Saat Rocky dan Alex tahu bahwa korbannya buta, mereka bertiga sempat berdebat kecil, meskipun kemudian tetap melanjutkan rencana. Korban mereka tinggal di rumah sendiri bersama anjingnya yang menjadi penjaga. Rumahnya tertutup rapat. Alex yang biasa berhasil dengan mudah masuk ke rumah sasaran kali ini harus melepaskan Rocky masuk sendiri lewat lubang ventilasi. Ketegangan mulai terjadi saat tiga pencuri ini menyadari bahwa korban mereka bukan hanya orang buta biasa.

Korban mereka menyadari ada orang yang masuk ke rumahnya dan bahkan berhasil melumpuhkan Money dan menembaknya mati. Alex yang setelah berhasil masuk ke dalam rumah memutuskan tidak ingin ikut mencuri dan sudah akan melompat pagar untuk keluar akhirnya memutuskan kembali ke dalam rumah saat mendengar tembakan. Ketegangan terus terjadi karena korban menyadari bahwa Money tidak sendiri. Sebagai pensiunan tentara perang, dia terlatih bela diri meskipun dalam kondisi buta.

dylan-minnette-and-stephen-lang-in-dont-breathe

Rocky dan Alex yang kemudian bertemu kembali semakin terkejut ketika mendapati di dalam rumah itu terdapat sebuah ruangan di mana ada seorang perempuan dirantai di ruangan kaca. Perempuan yang kemudian diketahui bernama Cindy itu adalah orang yang menabrak anak laki-laki buta itu. Dia dendam dan sakit hati karena kehilangan anak satu-satunya dan semakin benci karena pelaku tidak mendapatkan hukuman tapi bisa bebas. Dia menculik Cindy dan bahkan membuatnya hamil sebagai pengganti anaknya yang telah mati. Korban pencurian yang tidak benar-benar korban berhasil membalik keadaan dan menjadi teror bagi ketiga pencuri yang masuk ke rumahnya.

Film berdurasi 80 menit ini menampilkan ketegangan sampai akhir. Membuat yang menonton ikut menahan napas seperti para pencuri yang dikejar oleh laki-laki buta korban mereka. Film ini layak ditonton bagi para pecinta film bergenre thriller. Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan film thriller ending “Don’t Breathe” masih dibuat menegangkan dengan berita bahwa korban yang juga menjadi pelaku “teror” masih hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s