Buku: Catatan Subversif

Judul Buku                  : Catatan Subversif

Penulis                         : Mochtar Lubis

Penerbit                       : Penerbit Sinar Harapan

Tahun Terbit               : 1980

Jumlah Halaman         : 503 halaman

basir001

“Catatan Subversif” adalah buku karya Mochtar Lubis yang berisi catatan hariannya selama menjadi tahanan. Mochtar Lubis menjadi tahanan di bawah rezim Soekarno selama hampir sembilan tahun, dari akhir 1956 dan baru dibebaskan tahun 1966. Seperti juga yang ia tulis di pengantar, tidak semua catatan hariannya selama menjadi tahanan dimasukkan di buku ini dikarenakan beberapa tokoh di dalamnya masih hidup kala itu dan ada hal-hal yang baginya kurang baik.

Sebagai kumpulan catatan harian, di buku ini Mochtar Lubis menuliskan peristiwa dan pandangannya yang masing-masing dimulai dengan menuliskan tanggal. Peristiwa juga apa yang ia rasakan selama dalam tahanan ia goreskan di catatan sebagai penanda. Banyak bagian yang ia tandai hanya dalam satu kalimat saja. Tak jarang juga cukup panjang seperti saat ia menerima surat dari International Press Institute yang memintanya menghadiri sidang IPI di Tel Aviv.

Catatan harian Mochtar Lubis menjadi suaranya selama menjadi tahanan. Di dalamnya ia tuliskan apa yang menjadi pemikirannya, salah satunya bahwa sebagian orang Indonesia termasuk yang menamai diri mereka cendekiawan masih hidup dalam dunia mistik. Mereka percaya pada ilmu pengetahuan, tapi lebih percaya lagi pada yang irasional. Di catatannya ini, Mochtar Lubis menyebut Soekarno adalah salah satunya.

Lewat “Catatan Subversif” kita bisa tahu gambaran masa orde baru, tentang pemerintahan di bawah Soekarno, setidaknya dari kaca mata seorang Mochtar Lubis, jurnalis juga pengarang yang aktif menulis dan bergerak di dunia penerangan sejak zaman Jepang ini. Kalau kita biasa membaca karya-karya fiksinya yang sarat dengan kritik yang banyak ditulisnya setelah bebas, buku ini merangkum kritiknya, pemikirannya yang langsung ia tuangkan dengan ia sendiri dan orang-orang di sekitarnya yang menjadi tokoh pelaku sejarahnya.

*Sebelumnya diposting di http://wadahceloteh.com/catatan-subversif/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s