Berkeliling Kota Solo di Hari Minggu

 

SONY DSC

Berwisata ke Jawa Tengah tentu tidak boleh melewatkan kota Solo. Kota yang juga dikenal dengan nama Surakarta ini adalah tempat kelahiran Presiden ketujuh Republik Indonesia, Joko Widodo. Terkenal dengan budayanya yang masih dipegang teguh, Solo atau Surakarta merupakan pewaris Kesultanan Mataram. Berwisata ke kota Solo, pengunjung bisa menikmati bangunan-bangunan lama juga keraton plus kuliner yang tentunya harus dicoba. Apa saja yang bisa dikunjungi di Solo? Beberapa tempat di bawah bisa menjadi pilihan saat mengunjungi kota Solo.

Benteng Vastenburg

SONY DSC

Benteng Vastenburg adalah benteng bekas peninggalan kolonial Belanda. Konon benteng ini dulu digunakan sebagai tempat pemerintahan Belanda mengawasi gerak-gerik Keraton Kasunanan. Kondisi benteng yang berada di pusat kota Solo ini tidak begitu terurus, tidak lagi nampak utuh seperti aslinya. Namun begitu banyak acara yang diadakan di benteng ini.

SONY DSC

Salah satu acara yang diadakan di Benteng Vastenburg saat Minggu kemarin berkunjung adalah Festival Bamboo Biennale. Festival yang dijadwalkan akan berlangsung sampai 30 Oktober 2016 ini menampilkan karya para seniman dari berbagai daerah. Selain acara pameran seni, benteng ini juga biasa dimanfaatkan untuk konser musik seperti festival jazz dan lain-lain.

Pasar Gede Solo

Pasar Klewer mungkin adalah pasar yang paling terkenal di kota Solo. Akan tetapi jika ingin “blusukan” ke pasar, Pasar Gede Solo juga tidak boleh dilewatkan. Menikmati jajanan pasar atau kuliner lain sangat dianjurkan dilakukan di pasar ini. Salah satu yang kuliner yang terkenal di pasar ini adalah Dawet Telasih Bu Dermi. Dengan Rp9.000,00 kita bisa menikmati semangkuk Es Telasih segar.

SONY DSC

Kebetulan juga saat kemarin berkunjung ke pasar ini, sedang ada acara di jalan sehat. Di depan gerbang pasar dipasang panggung untuk hiburan. Tampak beberapa pembawa acara sedang mengundi pemenang jalan sehat yang berhak mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan. Di sebelah Pasar Gede terdapat Klenteng Tien Kok Sie. Konon klenteng ini dibangun pada 1745 dan masih aktif digunakan sampai sekarang.

Pasar Buku Sriwedari

Berwisata ke Solo sambil mencari buku? Bisa. Datanglah ke Pasar Buku Sriwedari yang terkenal sebagai sentra penjualan buku bekas. Tidak hanya menjual buku bekas, di sini pengunjung juga bisa mencari buku baru. Buku-buku pelajaran, novel, komik, bisa didapatkan di sini.

SONY DSC

Untuk mencapai Pasar Sriwedari kita bisa menggunakan moda transportasi umum. Ada angkutan kota yang lewat tepat di depan pasar ini. Atau kalau ingin lebih asyik menikmati kota Solo, pengunjung bisa naik becak yang masih banyak terdapat di kota Solo.

Pasar Triwindu

Ingin mencari barang-barang antik, barang-barang lawas dan tradisional? Datang saja ke Pasar Triwindu. Pasar ini menyediakan banyak barang antik. Barang antik mulai dari uang kuno, peralatan rumah tangga jadul, keris, kain batik juga kebaya lawasan bisa didapat di sini.

Bagi pecinta fotografi tempat ini juga bisa menjadi pilihan. Barang-barang antik nan unik bisa menjadi objek foto yang cantik untuk diabadikan. Jika kemudian haus atau lapar silakan coba Es Puter yang ada di seberang pasar ini. Ada penjual kaki lima yang siap menghapus dahaga pengunjung. Es krim dengan serutan kelapa muda dan tape sangat segar dan enak. Makannya bisa coba Sate Kere, yaitu sate yang terbuat dari tempe atau gajih. Harga seporsi Sate Kere Rp10.000,00 dan untuk Es Puter Rp5.000,00.

SONY DSC

Berkunjung ke Solo tidak perlu cemas dengan transportasi. Batik Trans Solo atau BTS siap mengantar pengunjung berkeliling Solo hanya dengan tiket seharga Rp4.500,00 saja. Shelter BTS juga tersebar cukup banyak dan nyawan. Pengunjung yang ingin lebih santai menikmati jalanan Solo bisa juga memilih becak. Tarif becak di Solo lumayan murah. Angkutan umum juga bisa menjadi pilihan untuk mengantar kita ke tempat yang ingin dikunjungi, tarifnya Rp4000,00.

SONY DSC

 

SONY DSC

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah.

 

Advertisements

5 thoughts on “Berkeliling Kota Solo di Hari Minggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s