Buku: Orang-Orang Bloomington

Judul Buku                  : Orang-Orang Bloomington

Penulis                         : Budi Darma

Penerbit                       : Noura Books

Tahun Terbit               : 2016, cetakan I

Jumlah Halaman         : 296

oob

Orang-Orang Bloomington adalah karya Budi Darma yang berisi tujuh cerita pendek, yang tidak pendek-pendek amat. Beberapa cerpen di Orang-Orang Bloomington lumayan panjang. Seperti juga judulnya, cerita-cerita di buku ini berkisah tentang orang-orang dan kehidupan di Bloomington, sebuah kota di negara bagian Indiana, Amerika Serikat.

Manusia, di manapun berada, selalu mempunya sisi cerita yang menarik untuk diangkat. Begitu juga dengan orang-orang Bloomington yang berhasil ditangkap dan disajikan oleh penulis. Membaca buku ini banyak perasaan bercampur. Ada kesal seperti saat membaca cerpen yang berjudul Keluarga M, juga gemas saat membaca kisah tokoh di cerpen Yorrick. Hampir semua kisah di buku ini, meskipun kadang melintas tanya apakah ada orang yang seperti tokoh di Keluarga M yang begitu tega pada seorang anak kecil, begitu wajar, manusiawi.

Kesal tapi sekaligus mengangguk, mengiyakan, bahwa isi pikiran manusia kadang begitu kompleks. Suasana batin tokoh-tokohnya, perang antara “baik” dan “buruk” menjadi konflik yang menarik dari kisah-kisah di Orang-Orang Bloomington ini. Pengamatan yang luar biasa dari kisah yang diceritakan secara sederhana oleh seorang Budi Darma.

Membaca tujuh kisah di buku ini, menyelami tokoh “saya” mungkin akan membuat pembaca seolah sedang bercermin. Seperti inikah “saya” ketika dihadapkan pada situasi-situasi yang kurang menguntungkan? Jujurkah “saya” ketika harus berhadapan pada pilihan, yang kurang baik pada “saya”. Orang-Orang Bloomington mewakili orang-orang dalam lingkup yang lebih luas. Dia menjabarkan isi kepala manusia yang mungkin sering dikesampingkan, tidak diakui tapi ada.

Sebelumnya ditulis di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s