Agustusan: Gerak Jalan

Bulan Agustus identik dengan perayaan atau biasa disebut Agustusan. Lomba-lomba atau permainan digelar hampir di seluruh pelosok negeri ini. Mulai dari lomba balap karung, makan kerupuk, sampai lomba kelompok seperti sepak bola sarung, panjat pinang dan gerak jalan. Untuk lomba yang terakhir ini merupakan salah satu yang terfavorit.

b1

Jika biasanya gerak jalan dilihat kerapian juga kekompakan yang selalu serius, gerak jalan versi Agustusan di kampung adalah gerak jalan yang menampilkan atraksi. Ada yang menari sambil menyanyi atau menyuarakan yel-yel, ada juga yang sambil penyuluhan. Ada yang dandan cantik-cantikan, banyak yang dandan lucu-lucuan.

Hampir bisa dipastikan adalah peserta laki-laki yang dandan seperti perempuan. Yang seperti ini memang hampir selalu mendapat perhatian lebih dari penonton. Seperti peserta gerak jalan berikut ini.

Bisa dibayangkan serunya menyaksikan gerak jalan Agustusan semacam ini. Hiburan gratis untuk warga setiap setahun sekali, warga di salah satu kampung di Jawa Timur.

 

Note: foto oleh Asnawati, teks oleh Rina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s