Buku: Dibawah Bendera Revolusi (Jilid 1)

Judul Buku                  : Dibawah Bendera Revolusi  (Jilid 1)

Penulis                         : Ir. Soekarno

Tahun Terbit               : 1965

Tebal Buku                 : 626 halaman

 

DBR

gambar dari Tokopedia

        Dibawah Bendera Revolusi adalah buku karya presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, yang berisi kumpulan artikel, curahan pemikiran dan juga surat. Buku yang sangat tebal ini dimulai dengan pemikiran beliau tentang Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme. Menggunakan ejaan lama dan sebagian tulisan dalam bahasa Belanda butuh usaha lebih untuk membalik lembar demi lembar halamannya. Akan tetapi, ide, pemikiran beliau tentang persatuan bisa dengan jelas dirasakan.

            Kata-kata dalam tulisan-tulisan Ir. Soekarno begitu menggelora, bersemangat. Lewat tulisannya, Ir. Soekarno membakar semangat nasionalisme seolah pembaca sedang mendengar langsung beliau berorasi. Soekarno menjelaskan bagaimana Islamisme dan penganutnya, juga para Nasionalis dan penganut Marxis mempunyai benang merah yang sama, ingin maju, berjuang demi kepentingan bangsa. Cita-citanya adalah menyatukan mereka yang berjuang dengan pilihan jalan masing-masing ini dengan semangat yang sama, semangat persatuan, di bawah bendera yang sama, bendera revolusi.

            Buku ini bukan hanya menarik, tapi penting untuk dibaca dan dipelajari. Dari buah pemikiran Soekarno yang tertuang di buku ini, pembaca bisa belajar sejarah bangsa ini. Bagaimana seorang anak bangsa yang brilian mempelajari banyak ajaran dan mengambil pelajaran untuk disumbangkan kepada bangsa dan negeri tercinta lewat ide-ide dan pemikirannya.

            Dibawah Bendera Revolusi juga merangkum cerita Soekarno saat berada di penjara Sukamiskin, Bandung. Pemikiran-pemikiran Soekarno yang kemudian menjadi paham Marhaenisme yang berprinsip pada sosio demokrasi dan sosio nasionalime juga tertuang di buku ini. Minus bagian yang berbahasa Belanda, karena tidak mengerti bahasanya, seluruh isi dari buku ini menarik untuk dibaca.

            Berbicara tentang buku Dibawah Bendera Revolusi saat ini tidak bisa lepas dari harganya yang cukup tinggi di pasaran penjual buku online. Beberapa orang mungkin beruntung bisa mendapatkan buku ini sebagai “warisan” dari ayah atau kakeknya, atau dari ibu dan neneknya. Buku seperti ini sangat layak dibaca, dipelajari di sekolah-sekolah dan didiskusikan. Di masa dimana nasionalisme berdengung keras tapi kurang dalam pengaplikasiannya seperti saat ini, buku ini bisa menjadi salah satu bahan bakar untuk menyatukan tekad bersama.

Dipost sebelumnya di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s