Makan Lagi, Lagi Makan

Sabtu lagi, lagi-lagi Sabtu, waktunya berbagi yang berat-berat. Sempat lihat Twitter dan baca tweet seperti ini: “Ada yg gagal nikah, takut nikah. Disakiti satu cewek, dendam ama semua cewek. Tapi pas nemu nasgor gak enak, gak trauma ama semua nasgor.”  Makan setidak enak apapun belum pernah nemu atau dengar cerita ada yang trauma sama makanan terus ngambek nggak mau makan lagi. Harusnya juga seperti itu pada hal lain, bukankah what doesn’t kill you (even leaves scars) makes you stronger? Halah.

Gulai kentang wortel

Gulai kentang wortel

Menu pertama untuk Sabtu yang belum tersentuh hujan adalah Gulai Kentang Wortel. Cara masaknya sangat sederhana dan lumayan cepat karena pakai bumbu gulai yang sudah jadi. Kentang tinggal dikukus, gulai dipanaskan dengan tambahan wortel. Irisan daun bawang dan bawang goreng untuk penyedap. Lauknya suka-suka, sesuai selera.

Sawi Putih Telur Ceplok Masak Santan

Sawi Putih Telur Ceplok Masak Santan

Menu kedua adalah warisan emak. Mantap jaya seger dan pedasnya. Bahannya sawi putih, telur dengan bumbu bawang merah dan putih, kemiri, cabai, belimbing wuluh dan tomat hijau. Untuk dua bumbu terakhir adalah tambahan sendiri. Bumbu digoreng, kecuali tomat dan belimbing wuluh yang cukup diiris saja, lalu dihaluskan. Masak dengan santan seluruh bumbu dan bahan.

12179123_973580642709526_538377087_n

Krim Sup Kentang Macak Mashed Potato

Menu ketiga ini menu gagal. Maksud hati membuat krim sup tapi karena kalau masak mesti nyambi akhirnya kekeringan dan jadi kayak Mashed Potato. Kentang dikukus lalu dihaluskan. Panaskan air, masukkan susu bubuk (atau kalau suka susu cair langsung susu cair saja), lalu masukkan kentang yang sudah halus. Tambahkan lada dan garam atau penyedap rasa. Taburan adalah keju, daun bawang dan bawang goreng.

Sup Sayur

Sup Sayur

Sup sayur cocok untuk hawa dingin tapi dimakan saat cuaca hangat pun tak masalah. Seluruh sayur dicuci lalu dipotong kecil. Karbonya pakai bihun. Bumbunya bawang merah, bawang putih yang ditumis sebentar lalu lada dan garam dengan taburan bawang goreng.

Tahu Tek ala Anak Kos

Tahu Tek ala Anak Kos

Tahu Tek sederhana ini hanya berbahan tahu dan telur yang digoreng dengan daun bawang dan bumbu semacam bawang merah dan bawang putih. Sausnya tidak pakai petis karena tidak punya, cukup sambal pecel dengan ekstra irisan cabai dan bawang merah.

Bubur Manado Jadi-jadian

Bubur Manado Jadi-jadian

Bikin bubur begini cukup sederhana. Masak air, masukkan beras yang sudah dicuci lalu tambahkan serai yang digeprek dan daun salam. Bumbunya garam sedikit saja. Masukkan bayam ketika bubur hampir matang.

Orak-Arik Kentang

Orak-Arik Kentang

Ini hanya menu yang dibuat agar bisa memasukkan sayur. Kentang dikukus, dioseng bersama irisan tomat, sawi dan telur. Bumbunya hanya garam dan lada bubuk saja. Kalau mau pedas ya tinggal tambah cabai.

Koen oleh galau, oleh trauma, oleh gak kathokan, oleh turu pinggir embong, bebas, tapi ojo lali mangan. Rugi, sumpah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s