Sunday Morning: Bertemu Outsiders Cilik dan Pengenalan Maria Elok Mercedez

Sebagai kaum buruh yang macul dari Senin sampai Sabtu, keinginanku mungkin hampir sama dengan teman seperjuangan, menikmati libur hari Minggu untuk bangun siang, tidur sepuas-puasnya. Tapi keinginan seperti itu ternyata kalah dengan kebutuhan, makan. Maka tak lagi ada bedanya Minggu pagi dengan hari lainnya, masak lalu makan.

SONY DSC

Jogging Minggu pagi bersama keluarga di UGM, Yogyakarta

SONY DSC

Bersepeda, olahraga sekaligus piknik

SONY DSC

Jogging atau naik sepeda sama sehatnya

Sejak tinggal di Yogyakarta, hampir setiap Minggu selalu menyambangi Sunmor alias Sunday Morning di Universitas Gadjah Mada. Niatnya selalu untuk olahraga, jalan-jalan atau bersepeda ke GSP, UGM. Kenyataannya kalau nggak membawa pulang buku bekas ya BH. Yang pasti selalu menyenangkan melihat lalu lalang manusia mulai dari yang balita sampai dewasa yang aku yakin niatnya hampir sama sepertiku, olahraga meskipun akhirnya kebanyakan hanya jajan dan foto-foto saja.

SONY DSC

Baymax dari benang rajut, lucu

SONY DSC

Siap-siap melihat kelucuan seperti ini, siap-siap dompet tipis

SONY DSC

Lapak favorit di Sunmor UGM

SONY DSC

Pernik rambut untuk cewek

SONY DSC

Penjual ikan dan kura-kura

SONY DSC

Aneka ria balon dan suvenir

Seperti namanya, Sunmor, hadir setiap hari Minggu dari sekitar pukul enam pagi sampai dua belas siang. Beberapa kali ikut buka lapak, jualan gombal. Hasilnya lumayan, lemari lebih longgar dan dompet menebal. Model pasar dadakan seperti Sunmor banyak digemari di negeri ini. Hampir semua model pasar begini selalu ramai pengunjung. Jajanan silih berganti. Yang tadinya harus antri mengular untuk mencicipi, tak lama akan banyak yang mengopi, menyamai.

SONY DSC

Salah satu gerobak kaki lima penjual makanan di Sunmor UGM

SONY DSC

Sosis jumbo yang selalu berhasil membuat ngiler

SONY DSC

Roti maryam

SONY DSC

Jamu awet wareg

SONY DSC

Piscok dan Tahu Krispi

SONY DSC

Aneka minuman yang menggiurkan

Ada yang menyenangkan Minggu kemarin di Sunmor, bertemu adik-adik dari SD Gemawang, Monjali. Dua orang anak perempuan, empat orang anak laki-laki. Tadinya aku hanya mau mengambil gambar mereka, ternyata mereka begitu ramah hingga akhirnya beberapa kali kami berpapasan dan ngobrol. Anak-anak yang berumur antara sepuluh sampai sebelas tahun itu duduk di kelas lima SD. Dari Gemawang mereka jalan kaki.

SONY DSC

Arek gaul Gemawang, Monjali

Mereka juga sempat menunjukkan padaku aksi mereka. Melihat mereka jadi ingat masa lalu, main bersama teman. Dari enam orang anak, hanya satu yang punya akun FB, hanya satu yang bawa telepon selular. Masa anak-anak sebaikya memang begitu, bermain bersama teman, bermain dengan alam, bersosialisasi dengan sesama, bukan dengan gadget.

sunmor15

Kita butuh banyak bermain. Kita tak pernah terlalu tua untuk bermain, kita tua ketika kita mulai berhenti bermain, ada yang bilang seperti itu dan aku mengamini. Kadang kita merasa umur adalah penghalang. Bermain bukan berarti tidak dewasa, dewasa bukan berarti harus berhenti bermain. Ndang edan koen ngko. Oh iya, salah satu dari mereka adalah outsiders, belum pernah nonton konser SID saat kutanyai.

SONY DSC

Pengamen

SONY DSC

Penjual Kerak Telor

SONY DSC

Penjual Clorot

SONY DSC

Kehabisan pulsa untuk update status? Bisa beli ke Mas ini

SONY DSC

Penjual mainan tradisional

Bagian terakhir hanya mau menandai (baca pamer) si cantik merona. 20 September 2015, di mana seorang “anak” sedang menikmati Belanda dan “anak” yang lain dua tahun sudah menikmati secangkir kopi bersama Tuhan di langit maka “anak” ini pun perlu digoreskan namanya sebagai pengingat. Maria Elok Mercedes, panggil saja Mercy, teman baru yang tak baru. Sudah masuk bengkel untuk sedikit dibenahi biar enak ditumpaki. Sudah dimandikan. Sudah siap diajak melintasi jalanan Yogyakarta yang semakin ramai manja. Suwi-suwi aku bakulan sepeda ae, jual beli sepeda bekas gembira. Mari bermain!

12047486_941368019287494_744762623_n

Maria Elok Mercedez aka Mercy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s