Es Timun Nipis

“Mbaknya anak gunung?”

Bukan. Sudah beberapa kali naik gunung, dan meskipun suka pemandangannya juga perjalanannya, aku bukan pecinta gunung. Aku lebih suka tidur daripada pagi-pagi harus bangun dan melihat matahari terbit. Aku selalu kebingungan kalau di gunung saat pagi menjelang karena jam biologisku setiap bangun tidur adalah eek.Β Aku selalu menggigil kedinginan dan selalu tergiang-ngiang kasur di kosan manakala malam menjelang.

Aku hanya suka jalan-jalan dan ke gunung hanyalah salah satu saja. Aku hanya ayo saja.

“Mbaknya anak pantai?”

Bukan. Aku tak bisa berenang, meski mulai rutin ke kolam renang setidaknya seminggu sekali tapi cuma numpang ciblon. Aku takut melihat air melimpah. Aku ngeri mendengar debur ombak, apalagi saat gelap. Punggung dan pantatku sakit tiap tidur di tenda, kemping. Aku hanya selalu pergi, pergi ke pantai ketika ingin atau diajak. Aku suka melihat perpaduan air yang terlihat hijau dengan biru langit dan putih awan. Tapi bukan, aku bukan anak pantai. Aku ayo saja.

“Kalau begitu, mbaknya anak senja? Cah sunset?”

Bukan. Meski lebih sering melihat matahari terbenam daripada matahari terbit dan memamerkannya di IG, aku bukan anak sunset. Aku tak suka ketika dia datang. Dia membuat yang tadinya ceria ikut meredup. Aku hanya suka memandanginya, melihat matahari perlahan terbenam sambil bicara pada diri sendiri bahwa esok dia akan kembali. Aku ho oh saja dengan sunset.

“Oh, pasti anak dapur, suka masak.”

Bukan. Saat ini memang sedang rajin belajar memasak dan belajar makan segala sayur-sayuran tapi aku lebih suka bagian makannya lalu turu!

“Trus anak apa?”

Aku anak pamer, yang apa-apa suka dipamerin, suka atau tidak suka. Dan kali ini aku mau pamer resep Es Timun Nipis.

Bahan yang dibutuhkan adalah mentimun, jeruk nipis, sirup dan air es. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan gelas yang agak tinggi lalu masukkan sirup sedikit saja. Biar warnanya cantik, pilih sirup pandan atau yang berwarna hijau. Iris jeruk nipis lalu peras di atas sirup tadi. Cuci dan bersihkan mentimun lalu serut. Masukkan ke gelas dan tambahi dengan air es atau air dingin. Es Timun Nipis siap diglonggong.

Es Timun Nipis ini cocok diminum saat panas, siang-siang karena sangat segar. Cocok juga untuk teman minum setelah makan daging-daging atau lemak-lemak. Selamat mencoba!

11749742_906458749445088_955721179_n

Show some love, share more laughter

4 thoughts on “Es Timun Nipis

Leave a Reply

