Ontong Bakar Santan Mentah Pedas

Liburan sudah usai, waktunya kembali mengayuh sepeda. Lebih kencang? Ya suka-suka situ. Kalau aku sih naik sepeda ya pelan-pelan, wong niatnya mau piknik sambil menggerakkan badan. Santai.

Memulai hari dengan bersih-bersih, meskipun sebenarnya ngantuk, kali ini mari dilanjutkan ngantuknya sambil mengisi blog. Yang mau aku bagi saat ini adalah resep andalan di rumah. Resep khusus yang juga dimasak khusus oleh Om Djon. Jadi biarpun kami serumah sudah tahu cara masaknya, tapi khusus untuk menu satu ini yang masak harus Om Djon, wajib.

Namanya nggak ada sih, biasanya kami bilang Jangan Ontong. Tapi demi kekinian namanya aku beri Ontong Bakar Santan Mentah Pedas saja. Bahan utamanya ontong alias jantung pisang. Jangan pakai jantung hati, yang itu disimpan di dalam saja buat galau-galauan.

Cara masaknya:

Ontong dibakar, sisihkan. Siapkan bumbu halus antara lain, bawang putih, cabai, kencur, daun jeruk, dan santan. Berapa banyak? Menyesuaikan saja sama ontongnya. Kemarin kami pakai dua ontong kecil-kecil, jadi bawang putihnya tiga, cabai delapan (Om Djon tak suka pedas), kencur seiris (ujung kuku), dan daun jeruknya tiga lembar. Oh iya, karena tidak dimasak santannya diperas pakai air matang ya. Cabik-cabik ontong, masukkan di wadah. Campurkan bumbu halus, daun jeruk dan santan. Aduk lalu tuangkan ke ontong tadi. Siap disajikan dengan nasi hangat.

11749782_906451272779169_837216971_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s