Aku Sing Mangan, Koen Nyawang Ae

Buka Facebook nggarai ndas ngelu, buka Twitter podho ae. Mending buka Instagram, follow akun-akun panganan dan langsung demo, demo masak!

Setelah sempat tertunda karena kehabisan gas LPG juga sok padatnya jadwal, akhirnya beberapa hari yang lalu jadi juga aku dan dua teman kos masak bersama. Biasanya juga masak bersama sih, cuma menunya masing-masing alias masak sendiri-sendiri, dimakan sendiri, karena perbedaan selera.

Resep yang kami coba untuk acara masak bersama adalah donut. Tadinya mau bikin sambal tumpang khas Kertosono tapi belum siap tempe setengah mambu, jadi pilih yang bahannya bisa langsung dioleh dan cocok untuk camil-camil pas puasa.

Resepnya mengikuti yang ada, tidak ada modifikasi sendiri, meski ternyata kurang ragi jadinya rotinya sedikit bantat. Tapi untuk percobaan pertama, donut kami sudah lumayan oke, rasanya sudah enak. Mungkin lain kali akan kami coba lagi, dengan waktu yang lebih panjang karena untuk membuat donat adonan harus beberapa kali disimpan di temoat tertutup dengan durasi waktu yang lumayan. Hasil percobaan kemarin seperti di bawah ini, ukuran tidak sama, besar kecil tergantung keinginan kami bertiga.

11714454_1148835745132364_26567036_n

Kalau percobaan donut pertama belum bisa sempurna, masakanku yang selanjutnya justru sebaliknya. Asal saja, memanfaatkan bahan yang ada tapi justru jadi dan enak. Bahannya kentang yang direbus dulu (dikukus juga bisa) lalu dimasak dengan susu dan bumbu lada. Masukkan corned beef, kangkung dan tambahi dengan telur ceplok. Terakhir beri parutan keju. Karena sudah oke di wajan, makannya tidak perlu dipindah. Ya seolah-olah ala hot plate gitu deh.

11696704_1148835678465704_433999416_n

Enak? Kalau buatku iya. Makanan itu kan juga perkara selera, kebiasaan lidah kita. Yang jelas sejak mengakrabi dapur, sekarang tambah males beli makanan di warung. Sementara ini saja dulu. Aku tak mangan, koen nyawang ae πŸ™‚

Advertisements

9 thoughts on “Aku Sing Mangan, Koen Nyawang Ae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s