Diman, Sebuah Akhir?

Every story has an end, katanya begitu. Ya memang sih, seperti sebuah perjalanan pada akhirnya akan berhenti di stasiun, terminal, bandara atau di antah berantah. Berhenti untuk kembali melanjutkan perjalanan yang lain atau berhenti untuk menetap, tinggal. Pilihan.

Awal menulis cerita tentang “tuyul” bernama Tomin tak pernah berpikir nanti ending-nya seperti apa. Nulis saja. Kadang maju, kadang mundur. Tapi seperti juga cerita seri sebelumnya, Ndemin, cerita keluarga kecil ini juga akan menemui bagian akhirnya. Setelah dikumpulkan dalam buku Tomin, kemudian Wiji, bagian ketiga berakhir di Diman.

diman1

Setahunan menulis kisah tentang tiga manusia jadi-jadian ini, aku mulai lepas dari Ndemin dan adik-adiknya. Ada semacam kenyaman ketika menuliskan kisah Tomin dan emak bapaknya. Sudah menemukan karakter yang “pas” dan tinggal menumpahkan saja ide yang datang. Tapi kenyamanan juga punya akhirnya, berakhir sendiri atau diakhiri.

Diman semacam pemenuhan janji, janji pribadi. Dan kemarin aku sudah menuntaskan janjiku. Diman sudah lahir. Diterima seperti apa, sudah bukan urusanku. Sudah terlanjur jatuh cinta dengan karakter Diman? Iya, sudah banyak yang bilang mereka gemas dengan laki-laki yang satu ini. Masih ingin membaca kisah Tomin dan omelan Wiji? Kadang, apa yang ada di imajinasi memang lebih bagus, lebih bagus jadi imajinasi saja.

Terima kasih untuk semua yang sengaja atau tidak telah memberi inspirasi juga untuk mereka yang membantu mewujudkan cerita ini menjadi buku. Seperti sebuah perjalanan, pada akhirnya kita yang memilih, berhenti atau terus berjalan. Tapi selama masih ada nafas, hidup akan terus berjalan, dengan atau tanpa sebuah coretan.

Omongane wis koyok wong bener, aku kudu mangan!

tomin wiji diman2

Advertisements

2 thoughts on “Diman, Sebuah Akhir?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s