Lima Tanaman yang Sebaiknya Ditanam Anak Kos

Bertahun-tahun hidup sebagai anak rantau, suka dan duka sebagai anak kos sudah biasa dijalani sehari-hari. Dapat teman baru, dekat bahkan seperti keluarga sendiri kemudian ditinggal karena pulang kampung, sudah sering. Berpuasa bukan hanya Senin dan Kamis tapi nyaris setiap hari demi bisa menghemat karena saku menipis juga sudah biasa.

Mencari kos-kosan juga gampang-gampang susah. Gampang karena banyak, susah karena tidak semua kos memenuhi “selera”. Tiap kos punya aturan, baik yang tertulis maupun yang tak tertulis, yang berbeda tergantung pemilik dan penghuninya. Ada yang melarang keras membawa masuk cowok ke kamar dan sebaliknya, ada yang jam malamnya hanya sampai pukul 21.00 WIB, ada juga yang memperbolehkan membawa ceweknya nginep asal tidak lebih dari seminggu.

Tulisan ini tidak akan membahas lebih jauh tentang kos-kosan, tapi aku mau berbagi tentang tanaman yang sebaiknya dimiliki atau ditanam anak kos di kosan. Tidak semua anak kos beruntung dapat kosan yang luas, ada tamannya atau tanah untuk bercocok tanam. Tapi aku percaya anak kos yang sering melamun, entah melamunkan gebetan atau kiriman dari kampung punya cukup waktu untuk berpikir tentang hidupnya perutnya. Di sini, berdasarkan pengalaman, menurutku ada setidaknya lima tanaman yang bisa ditanam anak kos di kosannya.

1. Cabe

Cabe lumayan penting untuk hidup anak kos. Selain untuk tambahan saat masak mie, cabe juga merupakan bahan utama membuat sambal, yang adalah lauk utama anak kos sejenisku. Tak apa lauk kerupuk asal ada sambal! Menanam cabe tidak begitu sulit. Cukup di pot kecil atau botol bekas air mineral juga bisa. Yang agak susah mungkin karena tanaman yang satu ini rawan hama, hama putih yang menyerang setiap tanaman ini tumbuh besar. Menurut informasi ahli percabean, mengatasi hawa seperti ini cukup menggunakan cabe yang dihaluskan kemudian ditambah air dan disemprotkan ke daun tanaman cabe.

1516142_257552414404145_639534648_n

2. Daun bawang

Seperti cabe, daun bawang juga lumayan penting. daun bawang bisa ditambahkan hampir di semua masakan, terutama untuk telur goreng yang merupakan lauk favorit anak kos. Menanamnya tidak sulit, hanya butuh pot kecil saja. Tidak rawan hama tanaman dan gampang hidup.

3. Kangkung

Kangkung mudah sekali cara tanamnya. Tidak butuh perhatian ekstra untuk pemeliharaannya. Pastikan saja cukup air. Kangkung bisa ditanam dari batang ke bawah. Kangkung bisa dipakai sebagai sayur tambahan mie instan atau juga dibuat tumis kangkung. Kenapa kangkung? Dari pengalamanku lebih mudah menanam kangkung dari pada sawi. Tak rewel dan uripan, cocok dijadikan pendamping hidup, halah!

11085013_555495267922836_1706093276_n

4. Tomat

Menanam tomat juga gampang. Seperti cabe, daun bawang juga kangkung, tomat yang pernah kutanam hanya berasal dari sisa belanjaan. Cukup ditaruh di atas pot dan disiram setiap hari. Kesulitannya mungkin jika tomat sudah agak besar, dia jadi doyong tumbuhnya. Apalagi kalau sudah berbuah, tanaman tomat butuh disangga. Tomat bisa digunakan sebagai sayur juga buah untuk menambah gizi anak kos yang jarang makan buah. Bisa dimasukkan ke mie instan, dikocok dengan taburan gula pasir atau bahkan untuk masker wajah.

11023139_729496333833850_845984340_n

5. Lidah buaya

Tanaman yang kelima ini yang paling gampang. Ditanam dengan mengikutkan akarnya, taruh di pot, dia akan berkembang biak begitu cepatnya. Besar kecil lidah buaya tergantung pot yang digunakan. Tanaman yang satu ini meskipun bisa dimakan, dibuat agar-agar atau kolak, tapi buatku hanya bisa sebagai bahan merawat kecantikan *disetrum emak kos*. Lidah buaya berguna untuk masker wajah, bisa mengobati kulit yang terbakar, mengencangkan kulit dan terutama bisa menyuburkan rambut. Caranya cukup dioleskan ke wajah (dikupas dhisik lek kulite) untuk masker atau dioleskan ke kulit kepala untuk menyuburkan rambut.

Nggak punya halaman, kos cuma kamar mana bisa nanam begituan?

Bisa! Cuma butuh pot kecil dan yang paling penting kemauan kok. Cari di Internet, banyak sekali informasi tentang menanam di media juga lahan sempit. Oh iya selain lima tanaman itu sebenarnya ada satu tanaman lagi, tanaman air. Tidak untuk dikonsumsi tapi untuk hiasan, seperti foto di bawah ini:

10607966_412145612295945_358584019_n

Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s