Memanfaatkan Ampas Jus Sayur

Tidak suka sayur tapi tahu kalau sayur bermanfaat buat tubuh dan ingin belajar makan sayur? Mungkin bisa mencoba cara sepertiku. Walau biasanya mau makan sawi dan wortel, kemudian mulai belajar makan brokoli dan tomat tetap saja sayuran bukan menu yang diingini. Meski sudah habis, lahap dimakan, kadang ada rasa kesal. Kesal kenapa sayur tidak enak dan kenapa aku memaksa makan. Satu-satunya hijau-hijauan yang dengan senang hati kumakan adalah kemanggi, apalagi dimasak santan sama lele.

Makan tapi tidak bahagia, tapi tetap dimakan, tak boleh diteruskan. Sesehat apapun kalau terpaksa ya lahiriah saja, batinnya tersiksa. Iki ngomong uopoohhh…

Harus menemukan cara makan yang menyenangkan seperti makan nasi padang yang tak pernah salah di suasana, waktu dan tempat seperti apapun. Cara pertama yang kulakukan adalah membuat jus sayuran. Mungkin bagi sebagian orang justru eneg, karena rasa sayurannya terasa sekali. Mungkin ada yang bilang mengurangi nutrisinya dan malah tidak sehat karena ada tambahan gula. Tidak. Aku tidak memakai tambahan gula, tapi madu. Dan aku tidak merasa eneg.

Sayur yang biasa kujus seperti tomat, wortel, sawi, brokoli, seledri. Buahnya macam buah naga, apel, tergantung kantong dan dapatnya. Untuk jus kombinasi wortel, tomat, seledri biasanya disaring. Nah, sisa saringnya ini yang sangat sayang jika dibuang. Maka untuk memanfaatkan sayuran “sisa” ini beberapa hari kemarin aku membuatnya menjadi semacam lauk.

Caranya sangat gampang dan cepat. Sayur dari sisa jus yang disaring aka ampas dimasukkan mangkuk. Tambahkan dengan sedikit tepung terigu sebagai perekat. Beri lada bubuk dan garam secukupnya. Selanjutnya aduk rata dengan telur ayam kampung. Telur dari ayam petelur juga bisa kok. Lalu goreng deh. Menggorengnya jangan lama-lama. Nanti malah hilang nutrisinya. Selamat mencoba.

IMG_6855

IMG_6857

IMG_6854

IMG_6856

IMG_6859

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s