Kue Kukus Pisang, Belajar Tak Pernah Usai

Setelah percobaan pertama yang gagal karena bantat, hari ini aku mencoba untuk kedua kalinya membuat kue kukus. Tidak ingin seperti kemarin, kali ini setelah mendapat masukan dan googling penyebab bantatnya kue, aku tidak lagi menggunakan garpu untuk mengaduk adonan tapi menggunakan pengaduk khusus kue yang berbentuk seperti per. Enam ribu saja, jauh lebih murah dari mixer. Untuk pemula sepertiku alat ini sudah lebih dari cukup.

Bahannya masih sama dengan yang kemarin, yaitu tepung terigu, telur, susu, baking powder, spm, vanili, gula jawa, gula pasir, garam. Oh iya, kue kukus buatanku kali ini ditambahi pisang, namanya jadi Kue Kukus Pisang.

IMG_5379

Seperti yang kubaca di internet, agar tidak bantat telur sebaiknya dikocok dulu sebelum dicampur dengan bahan lain. Setelah telur dikocok dan mengembang, masukkan bahan-bahan lain. Takarannya pakai perkiraan saja, meski kalau di internet disarankan takarannya harus pas perbandingannya agar tidak bantat. Bukan tidak mau mengikuti tapi di kos tidak ada takaran. Hitung-hitung buat mengasah feeling, feeling lembut seorang perempuan, halah!

Kalau kemarin tutup kukusan tidak diberi serbet, kali ini kubungkus serbet. Katanya, serbet ini berfungsi mencegah masuknya tetesan air ke dalam adonan. Benar juga, kemarin adonanku kembloh. Setelah lebih dari 15menit dan tanpa dibuka tutupnya alias ditengak-tengkok, Kue Kukus Pisang akhirnya jadi dan tidak bantat!

Teksturnya lembut, aromanya wangi. Manisnya wajar, tidak dibuat-buat, mirip sama senyum kamu. Gula jawa yang disisir tipis membentuk motif sendiri seolah dibuat begitu padahal dadi karepe dhewe. Yes, I made it.

Oh iya, dengan berhasilnya Kue Kukus Pisang ini aku sudah melampaui emakku. Emakku tidak pernah bikin kue, kecuali gorengan. Dan kata teman kosku, rasanya enak.

Mari mencoba resep selanjutnya!

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/2bd/10870193/files/2014/12/img_5377.jpg

Advertisements

8 thoughts on “Kue Kukus Pisang, Belajar Tak Pernah Usai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s