Tips Cantik ala Kadarnya

Pagi ini, mencoba berbeda dari biasanya, aku mau berbagi tips cantik buat seluruh cewek yang nyasar ke blog ini. Jangan samakan tips cantik ini dengan tips lain yang banyak di Internet, karena tips cantik ini tidak ditulis oleh seorang ahli kecantikan, jurnalis kecantikan, apalagi orang cantik jadi dijamin bakal lebih “manusiawi”.

Cantik itu luka? No. Cantik itu mahal? Tidak juga. Cantik itu susah? Nggak. Cantik itu kamu? Iya, kamu cantik. Berikut adalah tips cantik yang bisa kalian coba:

1. Makan Tepat Waktu

Cantik tidak cantik semua orang butuh makan. Banyak cewek yang rela menahan lapar hanya agar perutnya tidak njemblung. Menahan liur memandang nasi padang tergolek pasrah dengan kikil tersiram kuah berminyak nan agung, berharap perjuangannya akan dibayar dengan sebujur bodi ramping penuh pesona yang akan ditatap penuh nafsu oleh mereka, mereka, dan mereka. Well, ngunu yo oleh. Sekarep kok, tapi apa nggak eman-eman? Hidup cuma sekali dan tidak bisa merasakan makanan di negeri yang kaya kuliner ini.

Sebagian cewek dikaruniani dengan bodi sing apik saka pangeran. Mau makan sak bagor yo tetep ae langsing. Tapi, banyak yang tidak demikian. Nasi, gorengan, coklat, disingkirkan jauh-jauh demi menjaga kestabilan bodi.

Aturannya menurutku sederhana saja. Makanlah tepat waktu, makan ketika memang waktunya makan dan berhenti sebelum kenyang. Dengan makan tepat waktu, porsi akan lebih terjaga, tidak kalap karena perut juga tidak dalam keadaan meronta. Lagian cewek kalau lapar itu njijiki plus medeni. Singo ae kalah galak kalau dibanding sama cewek yang sedang lapar. Masih butuh bukti? Jal ngoco ae.

2. Bahan Alami

Untuk jadi cantik selain makan kita perlu konsumsi bahan-bahan alami. Perbanyak air putih dan menghindari bahan-bahan kimia yang banyak digunakan sehari-hari. Makan buah, sayur dan slow food alias makanan yang perlu diproses, tidak instan.

Semakin hari negeri kita ini semakin kaya polusi. Dihirup, dikonsumsi, dengan dan tanpa kita sadari. Untuk menangkal sepenuhnya mungkin susah, tapi setidaknya kita bisa mengurangi. Ganti kosmetik atau hal-hal yang kita konsumsi langsung dengan yang alami. Sampo, conditioner bisa diganti lidah buaya dan jeruk nipis. Sabun, teman saya punya dan bisa membuat sabun sendiri yang tampilan dan aromanya sangat menggoda karena seperti kue. Bahannya mulai dari pandan, zaitun, kakao dan banyak lagi. Yang ingin belajar buat sabun sendiri bisa main ke sini (soap for fun).

Hasilnya tidak instan tapi sedikit demi sedikit sudah kelihatan. Kulit lebih lembab dan perut lebih anteng. Kebanyakan dari kita pola makannya tidak seimbang, nasi lebih banyak dari lauk sehingga menyebabkan porsinya berlebih. Makanan instan atau bahan-bahan tidak alami efeknya jangka panjang, sama juga dengan pengaturan nutrisi ini, efeknya juga tidak langsung. Bukan untuk membuat kurus tapi sehat. Bukan untuk membuat cantik, tapi sekali lagi sehat. Toh apalah arti cantik jika tidak sehat.

3. Memasak

Selain bisa memilih bahan apa yang akan kita konsumsi, masak bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjadi cantik. Dengan memasak kita bukan hanya lebih bebas memuaskan selera makan kita, tapi juga sekaligus olahraga dan piknik. Bangun lebih pagi untuk membeli bahan makanan, mondar-mandir membersihkan panci dan teman-temannya. Memotong, merajang, dan menggoreng setidaknya membuat kita bergerak.

Bosan dengan itu-itu saja akan membuat kita lebih kreatif. Cari contekan menu, melakukan percobaan resep adalah piknik murah yang tidak kalah asyiknya dengan kemping di pantai atau naik gunung. Cewek pemberani itu yang biasa naik gunung, gendong ransel besar, bisa menaklukkan alam? Really? Sudah pernah nggoreng lele atau ayam belum? Terkadang kita terlalu sering mendongak, sampai leher kita sakit dan melupakan hal-hal yang mungkin sepele tapi lebih nyata kita hadapi sehari-hari. Berani itu mau belajar, di mana pun, kapan pun, apapun. Tambahan juga, memasak membuat kita lebih hemat, uang jajannya bisa dialihkan untuk keperluan yang lain.

4. Olahraga

Mau cantik diet mati-matian tapi nggak olahraga. Well, kamu hanya akan jadi Barbie yang bagus rupanya tapi rapuh. Seperti yang di atas tadi. Makanlah jika waktunya makan, apapun, dan imbangilah dengan olahraga. Diet akan membuatmu kurus, mungkin, tapi kulitmu, badanmu nggak akan segar. Olahragalah jawabannya.

Senam, lari, sepedaan, joget-joget, bebas ceria. Keringat selain mengeluarkan racun dari tubuh juga akan membuat kulit lebih bersinar. Otot semakin kuat, tidak gampang capek dan menghilangkan bad mood. Sedikit berbagi pengalaman, dulu sebelum rutin bersepeda, setiap mau mens aku akan berubah jadi singa. Galak, bête-an, badan sakit semua terutama boyok dan kadang perut. Mencari masalah pas masa ini sama dengan  minta dibacok. Aku bisa nangis sendiri saking te-nya dan nggak ada yang benar (rasanya).

Sekarang? Tidak lagi. Datang bulan lancar jaya dan tidak ada cerita-cerita konyol sebelum datang bulan. Tiba-tiba saja keluar dan bahagia. Bagi beberapa cewek, tidak datang bulan atau telat adalah masalah besar. Menimbulkan tanda tanya dan hal-hal yang tidak masuk akal, seperti jangan-jangan hamil, sedang dia tahu dia tidak melakukan apapun yang bisa membuatnya hamil. Lucu? Cewek memang suka lucu, lucu yang tidak masuk akal.

5. Nasi Padang adalah Kunci

Sudah mencoba atau melakukan dari 1-4 tapi tetap merasa tidak cantik? Pasti kamu melewatkan yang kelima. Yes, nasi padang adalah kunci. Porsinya yang wah dan kuahnya yang penuh lemak mungkin menakutkan bagi sebagian cewek terutama yang lagi diet. Sudahlah, lupakan diet. Nasi padang akan membuat lidahmu bergoyang, perutmu kenyang dan hatimu tenang. Belum pernah rasanya masakan yang satu ini mengecewakan penikmatnya. Seperti merpati, nasi padang tak pernah ingkar janji.

Mau lauk kikil, rendang, ayam, atau telur dadar, semua akan sempurna dengan guyuran kuah merah atau kuning dan sambal yang banyak serta diakhiri segelas es jeruk. Membuat yang atheis jadi theis dan mengakui kebesaran tuhan dengan segala nasi padangnya! Cantik itu berani njemblung! Njemblung bersama nasi padang.

Sudah mencoba semua tapi masih belum cantik juga? Masih nggak pede setiap nimbang atau ngaca? Duh, kamu butuh piknik! Pernah dengar nggak, “Happy girls are the prettiest”? Ya, cewek yang bahagia adalah cewek yang paling cantik. Jadi kalau mau cantik, berbahagialah, sesederhana itu kok.

Masih kurang? Lemme tell you, girls. Hari gini mau jadi cantik itu gampang kok. Punya handphone kan? Yeah, you know what I mean, right? Mau cantik saja repot, ada kamera 360, sis! Jerawat hilang, kulit gosong pun jadi putih mulus. Majuin bibir satu atau lima senti, gundule diiringno patang puluh limo derajat atau suka-sukalah dan tara! Kalian akan jadi cewek cantik kebanyakan, cewek cantik instan.

10850905_1007609542588319_451369607_n

contoh selfie yang benar sesuai KBBI

Selamat mencoba, jangan patah semangat kalau belum berhasil cantik setelah baca postingan “ora mutu, yo mutu ning rendah” ini. Lagian jadi cewek cantik itu membosankan lho, bayangin aja ke mana-mana jadi perhatian orang, digodai, digilai. Beda sama cewek nggak cantik, hidupnya penuh tantangan dan mungkin tekanan yang kalau kamu yakin dan mampu melewati akan membuatmu jadi sosok yang kuat. Yes, kuat lebih penting dari cantik!

Advertisements

4 thoughts on “Tips Cantik ala Kadarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s