Kentang Kukus Keju Leleh

Selamat pagi hujan!

Dari mata melek sampai pingin merem lagi hujan mengguyur tipis shubuh ini, membuat selimut terasa semakin hangat dan wajib dipeluk. Sayang, naluri emak-emak ditambah dorongan perut yang meronta dengan ogah-ogah tapi mau akhirnya bangun dan menuju ke dapur.

Kemarin sore sudah belanja, jadi semua bahan sudah siap. Nggak perlu menunggu tukang sayur sebelah kos yang bukanya agak siang dan kadang nggak buka kalau hujan. Menu kali ini percobaan kedua menu kukusan (percobaan pertama membuat makaroni kukus) dengan bahan utama diganti kentang.

Bahan:

2 butir kentang

Wortel

Brokoli

Keju

Bawang bombay

Sosis

Susu

Bumbu:

Lada bubuk

Garam

Cara membuat:

Kentang dikupas lalu dikukus. Sementara menunggu, tumis menggunakan mentega bawang bombay, wortel dan brokoli yang sudah dipotong-potong. Setelah kentang empuk, hancurkan dan tambahi susu. Susunya aku pilih susu bubuk yang dicairkan, kalau pakai susu kental manis nanti eneg. Taburkan lada bubuk dan garam.

10850703_1002434403105833_1602852052_n

Olesi mentega di wadah untuk mengukus. Lalu masukkan kentang tadi, tumisan sayur juga potongan keju. Di bagian atas beri parutan keju. Terakhir kukus kurang lebih tiga puluh menit.

Setelah matang baru ingat kalau sosisnya belum diapa-apain. Akhirnya sosis direbus sebentar lalu dipotong dan ditaburkan di atasnya.

10846919_1002433793105894_1162999762_n

Kentang Kukus ini enak dimakan selagi hangat. Cocok dengan cuaca Yogyakarta yang dingin karena hujan, lada di dalamnya akan menghangatkan tubuh juga hati yang beku #ngekngok. Kentang juga adalah lagi-lagi makanan idolaku. Aku bisa dan suka makan kentang meski cuma direbus saja tanpa bumbu atau digoreng. Jaman sekolah, pas wisata sekolah, kentang rebus adalah bekalku. Kelas 3 SMP pas wisata ke Yogyakarta aku disangoni kentang rebus se-kresek sama Emak, karena dia tahu aku nggak bakal jajan atau makan di luar. I love you, Emak!

Oh iya, rasa Kentang Kukus ini nak enak pokoknya. Keju yang meleleh membuat bagian luarnya lembut, tapi begitu dicolek sendok bagian dalamnya dan dimasukkan ke mulut, kamu akan jadi liar alias ora mandeg lek nyendoki. Mungkin bukan kamu sih, tapi aku. Ho oh, aku anak liar ~__~

10859758_1002434539772486_1801563386_n

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s