Pengajian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh #mbenaknosarung,

Aku tidak begitu ingat kapan tepatnya Om Djon mulai jadi pengikut salah satu tarekat, yang juga diikuti oleh salah seorang teman kuliah sekaligus teman kosku, yang pasti sejak saat itu ybs jadi sering mbambung dari satu kota ke kota lain. Sejak saat itu juga komunikasi kami yang biasanya formal jadi semakin wagu. Jarang komunikasi, pesan singkat pun isinya paling banter cuma kiriman Fatihah. Ditambah teman yang sealiran dengannya sering menggoda dengan minta didoakan. Yes, si hipster telah berubah jadi “teroris.”

Orang bilang buah jatuh akan bonyok jika menghempas tanah yang keras. Iyes lagi. Om Djon ini suka sekali menunjukkan foto bareng gurunya yang digunakan sebagai “kartu sakti” untuk bisa duduk paling depan saat pengajian. Iki yo wagu. Biasanya orang kalau pingin masuk ke acara akan bawa undangan atau kartu anggota apa ngunu sing sangar, lha iki mung bondo ngetokno foto bareng ~__~. Tidak ingin ketinggalan gaul dengan Om Djon yang ke sana ke mari ikut pengajian, aku pun mulai rajin ikut pengajian. Tentu dengan si teman yang sealiran sama Om Djon tadi ngajinya.

Pengajian yang kuikuti sedikit berbeda dengan pengajian Om Djon. Aku dan temanku berpindah dari satu kampus ke kampus yang lain, tapi masih satu kota. Jamnya juga paling sering malam. Kalau Om Djon suka duduk paling depan, aku dan temanku sebaliknya lebih suka di belakang. Kenapa? Karena kalau di belakang banyak mas-mas yang selain keren lambe-nya juga kiwir-kiwir. Jadi sekali dayung dua tiga pula terlampui ngunu lah, ngaji sekaligus cuci mata dan hati.

Mulai tinggal di Yogyakarta, kegiatan pengajianku tidak berhenti, meski ganti teman ngaji. Kalau dulu di Surabaya kebanyakan ikut aliran itu-itu saja, di Yogyakarta aku malah belajar banyak dari berbagai macam aliran. Dari sini cerita postingan pengajian ini baru akan aku mulai….

Aku pertama tahu grup ini kalau tidak salah tahun 2012. Saat itu mereka mengadakan pengajian di Tembi Rumah Budaya. Kalau ada cinta pada pendengaran pertama, apa yang kualami ini bisa dijadikan contoh. Saat itu mereka membawakan lagu-lagu System of a Down. Dulu aku sering mendengar lagu-lagu itu dimainkan temanku, pakai gitar dll. Yang ini pakai cello. Mantap suaranya, megah. Dan tadi malam setelah sekian lama, akhirnya aku bisa ikut pengajian mereka lagi.

Layaknya pengajian-pengajian lain, pengajian ini juga membuat pendengarnya angguk-angguk kepala. Bahkan, bagi sebagian yang tersentuh hatinya sampai mengibas-ibaskan rambutnya juga moshing. Fonticello 10th Anniversary Concert, begitu pengajian tadi malam diberi nama. Grup keren ini ternyata sudah berumur sepuluh tahun dan sudah sering gonta-ganti formasi. Acaranya gratis dan diadakan di SMM, Yogyakarta. Bukan hanya mereka yang tampil tapi mengundang juga beberapa bintang tamu seperti Sawung Jabo, Joel Tampeng, Asep Hidayat dan Sri Krisna Encik dari FMI. Ada satu lagi mas-mas yang namanya Roy kalau nggak salah, yang kalau boleh dibungkus saja untuk dibawa pulang, yang membuat pengajian semalam semakin sumuk.

fonti2

Namanya pengajian tentu tujuannya untuk kebaikan, agar kita tidak terlalu larut pada keruwetan duniawi tapi semakin mendekatkan diri pada Sang Khaliq. Begitu juga dengan pengajian semalam. Mengikuti pengajian seperti ini, setidaknya bagiku, membuat hati tentram. Membuat aku bersyukur  sampai hari ini masih dianugerahi mata yang normal untuk melihat mas-mas keren, telinga yang meski kadang budeg tapi masih mampu mendengar musik yang indah nan megah. Bersyukur masih punya bokong dan boyok yang kuat untuk glesotan di lantai selama kurang lebih tiga jam. Subhanallah.

fonti6

fonti8

Akhirul kalam, aku hanya ingin sedikit berbagi foto-foto pengajian semalam. Semoga teman-teman sekalian senantiasa diberi limpahan rahmat dan hidayat juga tak pernah berputus asa. Ingatlah pesan Bang Haji, begadang jangan begadang kalau tak untuk ikut pengajian. Dan semoga perbedaan aliran tidak menjadi alasan untuk pecah tapi sebaliknya, layaknya kutub magnet perbedaan menyatukan kita. Al fatihah!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

fonti4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s