Lele Kukus Bumbu Kemangi

Pagi ini aku akan berbagi resep lama cara “baru.”Tadi pagi sebenarnya pinginnya masak Ikan Pindang Pedas tapi berhubung Ibu Penjual Sayurnya nggak dapat pindang akhirnya menu pagi ini langsung banting panci ke Lele Bumbu Kemangi. Lele Bumbu Kemangi adalah masakan favoritku selain Nasi Padang, Pindang Masak Pedas, Sambel Bawang, Sambel Tempe, Oseng-oseng Mercon, dan yang tidak bisa kusebut satu persatu. Hmmm, akeh tibake.

Bukan karena pingin sehat, eh pingin yo, kalau lele kali ini tidak digoreng dulu tapi aku kukus. Menggoreng lele selain membutuhkan minyak yang banyak juga terutama nyali yang besar. Dan pagi ini kedua-duanya tidak sedang berpihak kepadaku. Aku belum pernah mengukus lele jadi pagi ini masih percobaan. Sebenarnya aku sudah tanya Google tapi jawaban yang diberikan tidak sesuai. Google malah menjawab dengan memberi resep-resep lele, bukannya menjawab pertanyaanku tentang bolehkah lele dikukus. Google sudah tidak peduli padaku.

Image

Dikukus sik kademen? Mlungker.

Sudahlah, mari kita lanjutkan saja ya. Jadi lele yang kubeli sekresek dengan harga 10rb dan berisi 7 ekor lele beserta badan dan kepalanya itu kucuci lalu kujejerkan di atas panci untuk mengukus. Aku hampir berteriak dalam hati ketika mencoba mengangkat lele dari kukusan. Kepalanya puklek. Ternyata daging lelenya jadi empuk. Untung dagingnya tidak mrepel, badan dan ekornya tetap utuh dengan kepala putus. Sadis.

Bumbu sudah dihaluskan (cabe, bawang merah, bawang putih dan kemiri) dan santan juga kemangi sudah siap. Ngomong-ngomong kemirinya hasil minta Mbak yang ngontrak di bawah soalnya Si Ibu Sayur nggak punya stok. Cemplungno, cemplungno, cemplungno dan dadi! Mungkin bagi sebagian yang terbiasa lelenya digoreng masakan kali ini kurang gurih, akupun merasakan perasaan itu. Aku paham perasaanmu, Mas, sumpah! Halah! Tapi rasa lainnya terutama aroma kemanginya tetap jos. Dan beginilah penampakan Lele Kukus Bumbu Kemangi menu Warung Mak’e Gendut pagi ini. Ayo madyang!

Image

Lele Kukus Bumbu Kemangi

 ***

3 thoughts on “Lele Kukus Bumbu Kemangi

  1. Aku juga lagi menghindari minyak, karena minyak itu jahat, nakal dan nyebelin, tapi karena aku nggak sempet nyari di google aku masak pakai cara aku sendiri.. pakai BM, BP, Kemiri, Kunyit, Ketumbar, gula, garam, biar nggak amis aku kasih sedikit jahe, daun jeruk dan serai, bumbu dihaluskan, kecuali serai dipukul2 karena dia agak nakal, daun jeruk disobek2 sama Mas Tukul, trus dimasukin wajan dikasi air, direbus, trus masuk kan sedikit gula merah, cemplungin lelenya, sampai bumbu meresap dan airnya habis, rasanya maknyus, endos gandos hok ya hoook yaaaa begono…

    Like

Leave a Reply

