Warung Mak’e Gendut

Macaroni Carbonara

Macaroni Carbonara

Pingin jadi penulis ya harus rajin membaca, rajin menulis. Pingin buka warung ya kudu belajar masak!

Setahun terakhir ini aku mulai belajar mengenali dapur dan seluruh isinya. Mengenal bumbu-bumbu masak dan segala yang dulu hanya kutahu bentuknya tanpa tahu fungsi apalagi namanya. Belum bisa memasak tapi aku selalu yakin aku bisa karena riwayat di keluarga juga seperti itu, tidak biasa memasak saat remaja tapi pintar saat sudah “terpaksa.” Ditambah kata seorang teman, jariku ini jari “pintar” masak. Akhhh…entahlah.

Satu dari sekian impianku adalah punya warung. Beberapa hari terakhir aku malah sering membayangkan aku jualan masakan matang di pasar, sambil membawa bayi gendut. Bukan jualan di warung tapi menjual bermacam-macam masakan yang dibungkus dan dijual eceran gitu. Aku menjajakan masakanku bersebelahan dengan seorang Mbah, tidak jelas di bayangan jualannya apa, dengan meja dan kursi kayu kecil. Rodok melas sih tapi di bayanganku itu aku bahagia.

Beberapa menu “andalan” keluarga sudah aku coba. Mulai dari Lele Bumbu Kemangi di Yogya biasa disebut Mangut Lele, Ayam Bumbu Rujak, Telur Ceplok Bumbu Putih, Jangan Pindang, Mendol Tempe, macam-macam. Enak? Enaknya masak sendiri adalah selain hemat juga apapun hasilnya tetap habis dilahap. Kadang lupa pakai laos, kadang kurang garam, tidak jarang rasanya sama seperti masakan almarhumah Emak.

IMG-20140317-WA0002

Ayam Bumbu Rujak

Ayam Bumbu Rujak

Lapar adalah penyebab utama kejahatan menurutku dan yang aku rasakan. Nggak sarapan atau telat makan akan membuat bibir ini maju beberapa senti, emosian dan bete sepanjang masa juga lemas tak bergairah. Untuk itu Warung Mak’e Gendut hadir demi mengisi kekosongan perut, demi Indonesia lebih wareg dan cerdas tentunya. Mari makan!

2 thoughts on “Warung Mak’e Gendut

Leave a Reply

