Tomang Muncak Ungaran

Yey!

Yey!

        Bukan untuk menandai pergantian tahun kalau Rabu kemarin aku ke Gunung Ungaran, Semarang, tapi mengikuti keinginan adik yang ingin merasakan naik gunung. Tidak berdua tentu saja, aku gurung sewaras itu. Ditemani wong sakti, pendakian ke Gunung Ungaran kami rencanakan (dan lakukan) lewat Base Camp Mawar dan turun di Candi Gedong Songo.

            Tadinya sih mau naik ojek dari Pasar Jimbaran ke Base Camp Mawar yang tertulis jarak 3Km karena kasian si adik tapi berhubung mahal dan si adik oke-oke saja maka jalanlah kami bertiga setelah mengisi perut di warung. Jalan kaki yang makan waktu 2 jam dan dilanjut kurang lebih 4 jam selanjutnya.

Kebun sepanjang jalan menuju Base Camp Mawar. (foto: Nindy)

Kebun sepanjang jalan menuju Base Camp Mawar. (foto: Nindy)

Masih bisa senyum.

Masih bisa senyum.

 

Mulai "nangis"

Mulai “nangis” (foto oleh Yula)

            Ada yang diam, capek pastinya. Setelah puncak yang selalu terlihat tapi ternyata bukan, sama halnya dengan turun yang tak kunjung sampai bawah, adikku akhirnya berhasil mencapai puncaknya. Esok hari ketika sampai kembali di Yogyakarta baru dia mengaku kalau malam saat pendakian dia ingin menangis saking capeknya. Dia tidak tahu kalau yang nulis ini lebih njijiki. Cemberut, kudu ngising, ngantuk, mbelgedes, preketek dan lain-lain kuingat betul saat pendakian pertamaku. Jelas adikku lebih mutu dariku dulu.

Turun menuju Gedong Songo.

Turun menuju Gedong Songo.

Ngesot (foto oleh Yula)

Ngesot (foto oleh Yula)

 

Mulai senyum lagi.

Mulai senyum lagi.

ngunu

Memandang Merbabu (foto oleh Nindy..)

           Kemarin setidaknya aku menyadari satu hal yaitu perasaan kakakku atau bapakku kalau aku ke gunung. Tapi juga sekali lagi menyadari bahwa anak harus dilepas agar dia belajar bukan hanya yang enak tapi juga jatuh dan sakit. Bayangan kadang jauh lebih menakutkan dari apa yang sebenarnya kita hadapi. Ngunu? Apapun, sing penting sehat, semok dan pancet pekok.

***

Advertisements

6 thoughts on “Tomang Muncak Ungaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s