Nonton Ketoprak

1525224_480029355451989_2133310681_n

foto oleh Nindy.

Definisi Ketoprak menurut KBBI adalah sandiwara tradisional di Jawa, biasaanya memainkan ceritacerita lama dengan iringan musik gamelan, disertai tari-tarian dan tembang. Menurutmu? Halah.

Aku ingat sekali jaman kala bendu ketika permen sik rego selawean aku sering sekali nonton pertunjukan ketoprak. Tidak mengerti seluruh arti percakapannya juga jalan ceritanya, karena masih imut gitu, tapi suka. Kebetulan di dekat rumahku dulu ada bioskop ruang terbuka dan gedung kesenian yang selalu rutin mengelar acara seni dan memutar film tentunya. Setelah semakin besar seiring dengan ditutupnya gedung kesenian dan bioskop dekat rumah otomatis aku tak pernah lagi nonton ketoprak secara langsung.

Dua tahun lalu ketika mulai tinggal di Yogyakarta aku kembali bisa menonton pertunjukan ini. Tak selalu paham cerita juga percakapannya, yang sering menggunakan bahasa jawa krama, tapi selalu bisa tertawa saat bagian lawak keluar. Ya intinya semakin “kasar” bahasanya aku akan semakin paham.

Tadi malam bertempat di Taman Budaya Yogyakarta aku bisa kembali menikmati pertunjukan ketoprak. Ketoprak Ringkes Tjap Tjonthong begitu namanya, dengan judul Ontran-ontran Bumiwangi. Duduk di bagian festival alias lesehan sedikit membawaku kembali ke jaman kanak-kanak. Berbeda dengan ketoprak yang biasa kutonton di Yogyakarta, ketoprak tadi malam berhasil membuat mulutku capek karena terus saja tertawa. Guyon tanpa menyakiti (fisik) dan aku juga yakin tidak menyakiti perasaan antar pemain meski saling “menghina” karena orang-orang seperti mereka terlalu keren untuk gampang sakit hati.

Molor dari jadwal yang tertulis yaitu 19.30 WIB jadi delapan lebih sekian tak membuat kecewa karena pertunjukan yang apik. Ditambah properti yang digunakan seperti kapal terbang juga ledakan api kecil, dari mercon berdaya kecil mungkin, menambah seru pertunjukan semalam. Yang tak kalah seru tadi malam aku ketemu dan salaman sama mas yang main di Angkringan TVRI idolaku, Mas Sarjana. Aku kudu nulis iki, kudu! Untuk info saja, hari ini ketoprak yang sama masih akan bermain di TBY. Selamat menikmati.

2 thoughts on “Nonton Ketoprak

Leave a Reply

