Sepeda Hore

 

Image

Atraksi terjung payung dari TNI AU

 

            Minggu kemarin, seperti yang sudah direncanakan, aku dan seorang temanku mengikuti Fun Bike yang diadakan oleh TVRI Yogyakarta dalam rangka ulang tahunnya yang ke-51. Start di Alun-Alun Lor, finish di tempat yang sama, aku dan temanku janjian bertemu di Kantor Pos Besar Yogyakarta. Pukul 06.00 WIB peserta harus sudah berkumpul, menurut panitia jumlah peserta mencapai 22.000 orang, dan mengumpulkan undian sebelum pukul 09.00 WIB. Untuk ikut Fun Bike ini peserta harus daftar sebelumnya dan membayar Rp 35.000,-

            #DemiMobil itu yang sering aku katakan pada temanku. Ya, hadiah utama Fun Bike ini adalah sebuah mobil. Dapat mobil dan menjualnya kemudian membeli sebidang tanah untuk ditanami berbagai macam tanaman, membuat kolam ikan juga kandang ayam dan kambing sepertinya menyenangkan. Lebih dari itu, aku memang sedang bersemangat. Setelah akhirnya punya sepeda sendiri ini adalah Fun Bike pertamaku. Hadiah hanyalah hadiah, apalagi undian. Dapat, bonus. Tidak dapat, tidak mengurangi Fun-nya.

            Dengan kostum “seragam” dari panitia kami mulai meluncur, setelah dilepas secara resmi dan disiarkan langsung oleh TVRI, sekitar pukul 07.15 WIB. Jika biasanya masih suka ndredeg kalau di jalan raya kali ini tidak. Ramai-ramai memenuhi jalan, para polisi pun siaga mengamankan jalan. Mobil juga sepeda motor yang biasanya suka tidak sabaran dengan pesepeda pemula sepertiku harus menyabarkan diri menunggu “rombongan” kami lewat.

            Pukul 09.15 WIB kami sudah berkumpul kembali di Alun-Alun Lor untuk mulai pengundian. Di bawah matahari yang bersinar sangat terik kemarin ribuan orang anteng menunggu nomor mereka disebut. Oh iya sebelum pengundian kami sempat dihibur oleh sebuah lagu dari biduan cantik. Seorang laki-laki, sekitar empat puluh tahunan, tiba-tiba muncul dan mengambil tempat di sebelahku lalu langsung bergoyang. Laki-laki yang kusebut “orang merdeka” ini mengenakan sebuah helm yang telah dimodifikasi khusus. Ketika yang lain sibuk melindungi diri dari sengatan matahari, dan mungkin mulai membayangkan hadiah yang akan dibawa pulang, atau sepertiku yang setengah mati menahan agar tidak ikut bergoyang, dia dengan santainya berjoget.

Image

Menunggu peruntungan.

Image

Orang Merdeka

Image

Fun Bike sambil promosi usaha

 

            Tidak ada mobil yang aku atau temanku bawa pulang, tidak juga “dandang elektrik” sebagai hadiah hiburan. Bersepeda seharusnya menyenangkan dan Fun Bike kemarin bagiku menyenangkan. Kulit sawo matang kami semakin matang, sebut eksotis dan itu tak mengurangi kesenangan kami karena kami “berjanji” akan bertemu lagi di Fun Bike-Fun Bike selanjutnya, Fun Bike versi kami tentunya. Selamat mancal!

 

***

Advertisements

2 thoughts on “Sepeda Hore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s