Sebuah Perjalanan (Soundrenaline 2013)

 

            A Journey of Rock Harmony, begitulah tema Soundrenaline tahun ini yang puncaknya dilaksanakan kemarin, 29 Juni 2013, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di hari yang sama ada beberapa acara yang tidak kalah “besar” baik yang menarik dan yang tidak menarik tapi harus diikuti. Hampir yakin bahwa pasti akan melewatkan acara ini, aku tidak terlalu kecewa. The power of “yok opo maneh” adalah senjata untuk “mengelus-elus” hati.

            Teringat beberapa tahun lalu ketika aku pertama kali menyaksikan acara ini di Surabaya. Bersama dua sahabat yang lebih sering diajak dan mengajak “tawur” siang hari kami sudah siap digoyang band-band besar Indonesia. Masih ingat juga bagaimana beberapa hari kemudian aku tepar, tak bisa makan apapun kecuali air gula hangat. Maka siang kemarin aku tuliskan memoriku itu dalam beberapa tweet. Tweet yang kemudian menguatkanku untuk tidak melewatkan Soundrenaline yang tahun ini juga mengusung konsep reunion.

            Tantri sedang berkolaborasi dengan Ahmad Albar ketika aku dan teman-temanku berhasil masuk ke lokasi acara. Seorang sahabat yang dulu menjadi “penjagaku” di Surabaya yang ternyata datang ke Yogyakarta untuk menyaksikan acara yang sama sudah berada di lokasi. Ya, bukan hanya Gigi, Slank dan Dewa 19 yang akan reunian tapi aku juga. Aku dan teman-temanku baru mendekat ke panggung ketika Gigi mulai beraksi. Menggumpulkan semua personilnya dari formasi awal sampai akhir, Gigi menampilkan atraksi yang menarik ketika ketiga drummernya berkolaborasi.

            Penampilan Gigi berhasil membuatku panas mesti sampai penampilan terakhir aku belum berhasil menghubungi sahabatku. Aku dan teman-temanku kembali bergerak ke panggung sebelah di mana Dewa 19 akan tampil. Dan entah kenapa band yang kutunggu-tunggu karena ingin sekali mendengar suara Ari Lasso justru njancuki. Lagu yang disebut sebagai lagu kebangsaan kota ini oleh kedua MC tadi malam mengalun, ditampilkan di layar besar di atas panggung.

 

 

Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu
Masih seperti dulu
Tiap sudut menyapaku bersahabat penuh selaksa makna
Terhanyut aku akan nostalgi saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama suasana Jogja

 

 

            Njancuki-kan lagunya? Pol! Lagu njancuki yang kunyanyikan keras-keras bersama ribuan penonton lainnya. Ternyata njancuki momennya tidak sampai di situ karena Ari Lasso melanjutkan dengan lagu yang tidak kalah jancuk-nya seperti Restoe Boemi, Elang, Cukup Siti Nurbaya, Satu Hati dan lain-lain. Maka apa yang semalam sebelumnya disebutkan seorang “teman” sebagai “Hari bersejarah untuk hidupmu” langsung berputar-putar di kepalaku, mengikuti lampu-lampu indah yang malam itu menghiasi panggung (asline ngunu ndeso, gak tau eruh lampu kaya ngunu). Aku tidak biasa menandai hari tapi mungkin seseorang di luar angkasa sana akan ingat, mungkin.

            Tidak ada foto yang bisa kupamerkan. Handphone-ku terlalu pintar untuk merusak hal indah ini. Cukup suara sumbang yang keras-keras kukeluarkan malam itu. Menjadi satu dari ribuan orang malam itu membuatku ingat kata-kata yang pernah kubaca dari tweet salah seorang teman, kalau tidak salah, yang kurang lebih seperti ini, “Hal yang paling sia-sia di dunia ini adalah menunggu orang lain membahagiakan kita.”

            Ini kotamu, bukan kotaku. Ini kotamu yang malam ini menjadi tempatku menggoreskan satu lagi kenangan. Tempatku menjejakkan satu lagi langkah dari sebuah perjalanan panjang yang disebut kehidupan. Sayang sampai meninggalkan stadion aku tak berhasil menghubungi sahabatku. Diiringi goyangan para Slankers kuucapkan selamat tinggal pada Soundrenaline 2013. Jalan masih panjang, masih banyak yang harus dilewati sampai waktu yang sudah ditentukan tiba. Ah jadi kembali bertanya apakah nanti aku akan menyanyikan lagu njancuki itu.

 

 

***

 

           

           

 

 

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Sebuah Perjalanan (Soundrenaline 2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s