Kali ini Tomat

 

Setelah sebelumnya berbagi cerita tentang pemindahan tanaman cabaiku yang beranjak remaja di postingan sebelumnya, kali ini aku mau berbagi tentang tomatku. Aku mulai menanam tomat ini kurang lebih seminggu setelah aku menanam cabai. Benihnya sama dengan cabai, aku ambil dari tomat yang sudah busuk di dapur, jadi tidak ada benih khusus yang sengaja disiapkan atau dibeli. Cara tanamnya juga langsung kumasukkan ke media tanam terus disiram air. Selanjutnya alamlah yang bekerja.

Nah, setelah kemarin cabai-cabaiku mulai berbunga sekarang ganti tomatku yang butuh perhatian khusus. Tingginya sudah sekitar 8cm jadi harus segera dipindah. Masih memanfaatkan botol-botol bekas minuman kemasan pagi tadi satu persatu tanaman tomatku kupindah. Satu botol minuman bekas untuk satu tomat, kecuali yang botol besar aku bagi menjadi dua.

Untuk keterangan lebih lanjut mending langsung lihat fotonya saja, di bawah.

Image

Tomat sebelum dipisah.

Image

Tomat dipisah satu-satu.

Kalo yang di bawah ini cabaiku pagi ini, bunganya semakin banyak.

Image

Bunganya mulai banyak.

 

Semakin ke sini selain semakin cinta sama tanaman-tanamanku sedikit demi sedikit misteri Illahi juga semakin terkuak. Dulu aku bingung, meski juga nggak terlalu peduli, kenapa aku masuk di sastra inggris. Kini aku mulai mengerti jawabannya, kurasa Tuhan tahu kalo aku sebenarnya punya bakat menjadi seorang petani (juga peternak).

Nilai moralnya adalah, tidak penting kamu lahir dari keluarga seperti apa, dengan otak juga rupa yang mungkin seadanya. Yang terpenting adalah kamu punya semangat dan tentu usaha untuk menulis cerita hidupmu sendiri. Yeah! Sing bingung, nggak ngerti, nggak usah kakean dipikir. Urip pisan kok mikir terus, ambyar ngko uripmu.

Selamat pagi!

Leave a Reply

