Dead Mine, Film (Action Thriller) Nanggung

diambil dari 21cineplex.com

diambil dari 21cineplex.com

 

 

            Pas lihat trailer-nya dan tahu akan segera diputar di bioskop aku langsung merayu adikku agar mau mengganti film yang akan ditontonnya dengan film ini. Film yang disebut sebagai film action thriller ini diputar perdana di bioskop tanggal 3 Januari 2013. Setelah mengantri sekitar satu jam dan dapat tiket tepat pada jam film ini diputar ternyata aku dan adikku masih bisa bebas memilih tempat duduk.

            Film yang dibintangi beberapa aktor Indonesia, yang katanya sedang bersinar, juga beberapa aktor international ini mengambil setting di Pulau Sulawesi (berdasarkan tulisan yang muncul di layar), di sebuah pertambangan yang merupakan peninggalan jaman Belanda yang kemudian dijadikan bunker oleh tentara Jepang.

            Tadinya aku berpikir di film ini keindahan alam Sulawesi akan dieksplor, setidaknya diperlihatkan, ternyata tidak. Dari awal sampai akhir lokasi yang diperlihatkan adalah bunker dengan sedikit pemandangan hutan. Ya, film ini dibuat di dalam studio. Bukan hanya lokasi yang kurang alami, akting para pemain juga terlihat kurang. Dari beberapa aktor Indonesia yang main di film ini hanya Ario Bayu yang punya banyak dialog. Joe Taslim, Mike Lewis juga Tigor tak banyak “bicara” di film ini.

            Selama durasi sekitar 90 menit, film ini tak banyak menunjukkan action-nya. Thriller-nya pun dirasa masih kurang. Sempat berpikir akan mendapatkan suguhan action thriller yang seru ketika makhluk aneh yang hampir mirip makhluk di film The Cave muncul juga kemudian tentara berbaju perang jaman Imperial Jepang aku harus kecewa. Bukannya menampilkan lebih banyak action, film ini malah lebih banyak menyuguhkan dialog untuk mengungkap misteri dead mine daripada membongkarnya melalui tampilan adegan-adegannya.

            Aku tidak berharap film ini seperti film India di mana bintang utama selalu menang, tak terkalahkan, tapi “kepasrahan” di film ini juga tidak menarik. Tentara-tentara Imperial Jepang yang terlihat tangguh juga makhluk-makhluk ciptaannya yang merupakan hasil eksperimen atas tentara sekutu yang menjadi tawanan tak mendapat perlawanan yang berarti. Dan aku harus puas dengan akhir film yang tak kusangka berakhir secepat itu, begitu saja.

            Diarahkan oleh sutradara Inggris, melibatkan kru internasional ternyata tak menjadi jaminan film ini seru (memang tak pernah ada jaminan seperti itu juga sih). Action dan thrillernya sangat kurang. Andai diumpamakan makan, nonton film ini seperti makan nasi padang tanpa nasi, nanggung dan tidak mengenyangkan. Oh iya, film ini judulnya Dead Mine. Sekian dan menerima file download-an film-film horor juga thriller.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s