Menarik dan Baik Saja Tidak Cukup!

Aku tahu pengumuman lomba ini sekitar enam bulan yang lalu dari seorang teman. Meski belum punya “tabungan tulisan” tapi aku yakin bisa menemukan ide yang sesuai dengan tema “Jawa Timur Bicara” dan sub tema yang ditentukan yaitu ”Manusia dan Sosio-kultur Jawa Timur.” Ya, saat itu aku semangat sekali untuk ikut. Diadakan oleh Dewan Kesenian Provinsi Jawa Timur, Lomba Novel Etnografi ini menyediakan hadiah yang cukup menarik. Selain akan dibukukan, pemenang juga berhak atas hadiah uang tunai jutaan rupiah. Pemenang pertama berhak atas uang tunai sebesar 15.000.000 rupiah. Cukup menarik bukan.

Aku bisa dibilang paling rajin ikut lomba (baca: banci lomba). Mulai dari yang kecil-kecilan sampai yang hadiahnya lumayan. Hitung-hitung sambil mengasah kemampuan menulis agar tidak terpaku pada satu jenis tulisan, aku selalu berusaha mengikuti setiap lomba penulisan yang aku tahu. Menang adalah bonus. Kalah adalah tabungan.

Persyaratan lomba yang bermacam-macam (tergantung penyelenggaranya) selama ini masih wajar. Paling sekitaran masalah tema, harus memasang banner tertentu, format penulisan, follow akun tertentu atau batasan umur. Aku paling suka kalau ada lomba yang tak perlu mengirim hardcopy alias cukup lewat email saja. Mudah, cepat dan efektif, menurutku. Yang jadi masalah adalah ternyata masih ada juga lomba yang meminta dikirim hardcopy. Sebenarnya masih wajar saja hardcopy dan softcopy diminta sebagai syarat pengiriman naskah. Menjadi tidak wajar menurutku kalau permintaan hardcopy atau salinannya sampai empat atau lima salinan. Tidak wajar karena di era digital seperti ini di mana sudah semakin banyak orang menggunakan komputer kita masih harus membuang-buang kertas. Mubazir. Pemborosan.

Lihat saja syarat lomba yang kumaksud di atas. Dengan naskah minimal 150 halaman, peserta harus menyiapkan lima salinan, LIMA! Bisa dihitung berapa banyak kertas yang nantinya akan dibuang. Jika lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, produktivitas, aktivitas dan fasilitas kesenian juga meningkatkan dukungan terhadap proses produksi dan penyajian karya seni pilihan seperti yang tertulis di pengumuman di atas, sangat disayangkan sekali jika niat baik ini tidak dibarengi dengan tindakan yang bijak.

Tujuh ratus lima puluh lembar kertas itu banyak, sangat banyak. Pasti tak susah membayangkan berapa tebalnya, betapa repotnya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi syarat tersebut. Hadiah yang diberikan memang menarik, lomba ini juga bertujuan baik, aku yakin itu. Hanya saja menurutku menarik atau baik saja tidak cukup. Lebih bijak aku rasa tidak akan merugikan. Cukup satu salinan dan softcopy aku rasa sudah cukup untuk lomba menulis, apapun itu.

repost dari sini

Leave a Reply

