(Mencoba) Pantai Pasir Putih, Trenggalek

Pantai Pasir Putih (dok.pribadi)

 

Meski letaknya tidak begitu jauh dari kota kelahiranku tapi baru Selasa kemarin aku bisa menyambangi pantai yang katanya indah ini. Pantai Pasir Putih namanya. Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek. Seperti juga namanya, pasir di pantai ini memang berwarna putih.

Pasir putih, model mohon diabaikan (dok.pribadi)

Sering menyambangi pantai untuk kemudian pamer poto dan hampir selalu mendapat komentar bahwa pantai ini tidak kalah indah akhirnya  kesempatan untuk membuktikan dengan mata kepala sendiri datang juga (halah). Pasir putih di pantai ini berbeda dengan pasir putih di pantai-pantai sepanjang Gunung Kidul, DIY. Pasir di sini lembut berbeda dengan pasir di pantai sepanjang Gunung Kidul yang sedikit tajam karena terdiri dari batu-batu kecil yang bercampur dengan kerang-kerang kecil.

Air lautnya jernih meski sekali lagi kalau dibandingkan dengan pantai di Gunung Kidul masih kalah jernih. Ini jika dilihat, terutama dari atas dan kenapa seperti itu aku yakin karena pengaruh pasirnya juga batu-batuan di bawahnya.

Tak terlalu banyak karang di pantai ini, hanya beberapa saja. Tak begitu tinggi juga tak begitu besar. Oh iya pantai ini terletak di bagian selatan kota Trenggalek dan masuk susunan pantai laut selatan yang terkenal ganas ombaknya meski kemarin aku tak melihat ombak yang cukup besar (aku sampai di pantai ini sekitar pukul 4 sore dan meninggalkan pantai menjelang Magrib).

Kalau mau dibandingkan, Pantai Pasir Putih ini masih kalah indah dibanding Pantai Srau atau Pantai Watu Karung di Pacitan (meski hampir serupa dengan Pantai Teleng Ria Pacitan) dan masih jauh lebih kalah lagi dibanding pantai-pantai di Gunung Kidul. Untuk sementara perbandingannya itu saja karena belum banyak menyambangi pantai-pantai lain. Satu lagi pantai ini dikelilingi perbukitan jadi seolah-olah hanya seperti danau saja. Meski begitu menurutku ini yang menjadi nilai plusnya, ya semacam keren begitulah kalau meminjam istilah anak gaul.

Menggalau (dok.pribadi)

 

Model tidak dibayar (dok.pribadi)

 

Seperti juga kebanyakan pantai yang sudah terkenal, dibuka untuk wisata, kebersihan selalu menjadi masalah besar. Hal itu juga yang kulihat di sini. Mungkin lebih baik pantai-pantai di Indonesia tidak usah dibuka untuk umum, biarkan tetap menjadi pantai perawan yang tak terjamah agar keindahannya tak dinodai tangan-tangan tak bertanggungjawab.

Ini masih Indonesia lho, unfortunately, perhatikan modelnya haha

Advertisements

12 thoughts on “(Mencoba) Pantai Pasir Putih, Trenggalek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s