Mencoba Jeram Di Sungai Progo, Magelang

foto dok. pribadi (dari operator rafting)

 

Ketika seorang kawan menawari ikut rafting atau arung jeram aku langsung mengiyakan. Bukan karena belum pernah mencoba dahsyatnya jeram tapi memang yang seperti ini selalu nyandu. Jika pengalaman pertamaku berarung jeram kulakukan di Noars, Probolinggo, Jawa Timur, untuk kesempatan kedua ini aku akan mencoba jeram di Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah.

Mengendarai sepeda motor dari Yogyakarta sepanjang jalan kulihat sungai berwarna cokelat. Bukan saat yang tepat untuk berbasah-basahan sepertinya tapi yang seperti ini mana pernah menjadi penghalang. Sampai di tempat kumpul, awalnya kukira lokasi arum jeram ada di sekitar tempat itu, kawan-kawan yang lain sudah menunggu, pemandu juga sudah siap. Setelah semua berkumpul kamipun dibawa naik angkot yang sudah disediakan operator menuju lokasi arung jeram.

Jika di Noars, Probolinggo kami melalui pedesaan yang naik turun jalannya disini kami melalui jalan raya alias jalanan kota. Tempat kami berhenti sebelum memulai arum jeram terletak di pinggir perumahan. Seperti juga standar operator lainnya sebelum memulai berarung jeram kami mendapat pengarahan dari pemandu. Peralatan dan perlengkapan arum jeram juga sesuai standar, boat, dayung, helm, pelampung.

mendengarkan arahan. lihat yang paling belakang.

 

Dibagi dalam tiga kelompok masing-masing boat terdiri dari enam orang ditambah satu pemandu. Arung jeram dimulai. Sungai yang cukup lebar menurutku meski arusnya terlihat cukup tenang. Air berwarna cokelat itu tidak terasa dingin, tidak begitu segar. Beberapa jeram kami lewati masih belum ada yang menantang. Menurut pemandu panjang jalur arung jeram yang kami lalui sekitar  9 km. Aku tidak memakai jam tangan, tidak juga telepon genggam untuk memperhatikan waktu tapi jika dihitung dari keberangkatan kurang lebih kami berada di sungai sekitar 2 jam. Kami berhenti sebentar, katakan semacam pos, untuk menerima pembagian air mineral setelah sekitar satu jam mengarungi sungai.

Beberapa jeram terasa cukup seru. Tubuh kami berguncang-guncang bahkan sempat beberapa kali terjatuh, meski tetap dalam boat. Di boat lain beberapa kawan terjatuh di sungai, bukan hanya karena tabrakan boat pada batu yang menyebabkan guncangan tapi karena keisengan kawan se-boat yang sengaja mendorong. Dari kesan yang kudengar dari pembicaraan kawan, arung jeram di Sungai Progo ini kurang menantang. Beberapa juga kurang puas karena terlalu sebentar.

Selesai mengarungi jeram kami berjalan menuju angkot yang akan membawa kami kembali. Sebelumnya kami disuguhi kelapa muda dan jajanan di pinggir jalan. Tidak ada base camp khusus dari operator ini. Tempat kami awal berkumpul juga saat kami berhenti sambil minum dan istirahat, dengar-dengar juga peralatannya, semuanya menggunakan sistem sewa yang sudah diatur oleh operator. Kami kembali ke tempat awal kumpul untuk membersihkan badan. Disana kami disuguhi makan siang, nasi pecel.

Mas pemandu yang depan mirip pacar seorang teman. siapa?

menikmati degan

 

Apa kurang berkesan? Untuk pecinta adrenalin arung jeram yang baru kami lakukan memang tidak cukup menantang tapi untuk bersenang-senang apa yang kami lakukan tetap seru. Untuk merasakan jeram di Sungai Progo ini lumayan murah, cukup dengan merogoh kocek 135.000 rupiah. Pantas saja, batinku. Di Noars aku harus mengeluarkan 185.000 rupiah, itupun kebetulan karena sedang ada diskon khusus. Dalam kondisi normal tarif yang dikenakan 225.000 rupiah. Meski kurang menantang tapi tetap layak dicoba. Pemandu yang ramah, tentu juga berpengalaman, bukan hanya menyenangkan tapi juga memberi rasa aman bagi anda yang belum pernah berarung jeram. Selamat mencoba.

Advertisements

5 thoughts on “Mencoba Jeram Di Sungai Progo, Magelang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s