Aku Tahu Rasanya

Setelah beberapa lama mengabaikan buku, membaca, karena terlalu larut menulis akhirnya gejolak cintaku pada buku tak bisa dibendung lagi. Dimulai dengan sebuah sebuah buku karya Nh. Dini, Sebuah Lorong Di Kotaku yang berkisah tentang pengalaman masa kecil penulis, kulanjutkan membaca Belenggu karya Armijn Pane. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, halah, keponakan yang juga menggilai buku memintaku membelikannya buku. Komik Conan adalah wajib tinggal mencarikan tambahannya dan pilihanku jatuh pada buku The Adventures of Tom Sawyer karya Mark Twain.

Berkat seorang teman, terimakasih padanya, aku mendapat alamat sebuah website untuk menyalurkan hobi membacaku yang kembali menggila. Novel-novel lama dari penulis Indonesia yang kucari, awalnya hanya untuk mencari informasi dimana bisa mendapatkan buku-buku itu tapi kemudian mulai kubaca ebook ini. Setelah melihat-lihat beberapa koleksi, sayang sekali buku sebenarnya ingin kubaca dan kucari-cari tak bisa dibaca disini, akhirnya kumulai dengan karya dari Hamka, Di Bawah Lindungan Ka’bah.

gambar diambil dari google

Aku ingat betul dulu ibuku sering sekali menyebutkannya. Tak heran kenapa aku begitu suka membaca, ibuku adalah seorang penggila buku terutama novel. Dulu aku sering kesal kalau ibuku sudah memegang buku bacaan, aku yang masih kecil merasa diabaikan. Ibuku juga suka menangis kalau sedang membaca, menurut cerita ibuku, dulu beliau sering menangis jika menonton film. Tidak mengherankan, yang seperti ini sangat familiar, sangat kukenal. Halaman demi halaman kubaca, tak bisa dihentikan. Ditemani gerimis yang membasahi kotaku juga lagu-lagu lama dari Iwan Fals akhirnya aku berhasil menyelesaikan bacaanku. Aku baru merasakannya, ya aku tahu rasanya, aku tahu jawabannya kenapa kau dulu sering menangis dan menggabaikanku jika sedang membaca.

 

Rumahku istanaku, 22 Oktober 2010

 

***

2 thoughts on “Aku Tahu Rasanya

Leave a Reply

