NGGEGEK BARENG WONG TUW(A)EK

Meski tidak pernah kesulitan menyenangkan dan menenangkan diri sendiri tapi berkutat dengan rutinitas yang kurang lebih sama membuat kepalaku kaku juga. Terbiasa tanpa rencana yang muluk, melintas dan langsung jadi, kali ini sedikit berbeda karena sudah dibicarakan sebelumnya dengan seorang teman dan kemudian diforumkan. Tanggapan yang tak begitu antusias diterima bukan karena tidak ada keinginan tapi melihat sedikitnya kemungkinan. Tak perlu banyak-banyak sebenarnya karena jumlah tidak membuat lebih baik ataupun sebaliknya, menjadikannya buruk.

Informasi disebar lewat jejaring pertemanan yang ternyata lebih ampuh dari mulut ke mulut juga sms atau telepon. Apa lucu? Sedikit menggelikan bagiku. Sms dikirim, beberapa kali, lambat sekali jawabannya bahkan tak dibalas. Telepon tak terangkat, entah tak diangkat tapi begitu masuk ke wall atau “ngoceh” langsung dapat respon. Ya…ya, yang seperti ini tak perlu dirahasiakan mungkin, semakin banyak yang tahu semakin bagus, mungkin. Apapun, pada akhirnya informasi sudah tersebar hanya menunggu masing-masing untuk konfirmasi kesediaan dan kebisaannya.

Acara yang kemudian dinamai Nggegek Bareng Wong Tuwek yang jika diartikan dalam bahasa yang lebih bisa dimengerti oleh umum adalah sebuah acara reuni tak resmi, nongkrong bareng para dedengkot fakultas sastra yang sekarang sudah ganti nama menjadi fakultas ilmu budaya khususnya sastra inggris. Intinya adalah mengenang kembali masa-masa ketika masih bersama-sama “belajar” di kampus tercinta yang mesti mungkin pada awalnya, bagi sebagian, bukanlah kampus “pilihan utamanya,” aku maksudnya *curhat.* Acara yang sudah diputuskan akan diadakan pada tanggal 24-25 Juli 2010 di Wana Wisata Cuban Rondo.

Hari yang sudah semakin dekat bukannya menambah jumlah “peserta” tapi malah semakin berkurang, membuat semangat yang sebelumnya membara sedikit menciut. Apakah akan tetap menjadi acara “nggegek bareng” yang intinya adalah kebersamaan, sebuah reuni-tak-resmi, jika yang datang itu-itu saja yang masih bisa dibilang lumayan sering bertemu? Tak ada kata mundur, tidak lagi, berapapun, siapapun yang datang acara harus tetap berlangsung. Terimakasih pada yang tak henti-hentinya memberi informasi dan semangat, Kadal, kon keren lek!

Maka jadilah kami bertujuh plus anggota tambahan dari pihak keluarga (bojone babi), siapapun diterima disini, dengan tiga tenda yang sudah dipesan di tempat yang setiap tahun menjadi tempat gatheringnya anak sastra inggris ini. Dingin yang sebelumnya menusuk tak lagi terasa karena bersama, berapapun jumlahnya, dan berbagi (tawa dan hinaan) lebih hangat dari kopi yang dibagi-bagi. Apakah kecewa? tidak sempat karena semua langsung nggegek. Satu malam yang tidak bisa dirasakan tiap hari, satu malam minggu yang jarang atau bilang saja hampir tidak bisa dinikmati ternyata bukan mimpi *macak ababil, lebay.*

Dan Nggegek Bareng Wong Tuwek pun tanpa terpaksa diganti menjadi Nggegek Bareng Wong Tuw(a)ek yang artinya berbeda tapi tak jauh juga pada konteks acara ini. Wong-wong tuwek yang diharapkan datang ternyata tak hadir dan jadilah aku, satu-satunya wong-yang-dituwek-kan (masio tho disio-sio). Acara berjalan aman, lancar, selamat dan sukses *manten be’e.* Berhenti beberapa kali karena sopir dan penumpang yang ngantuk tapi akhirnya sampai juga di rumah masing-masing dalam keadaan utuh dan bahagia. Satu lagi kenangan digoreskan, kenangan yang ingin ditorehkan lagi di lembar buku kehidupan masing-masing. Karena waktu tidak berhenti dan bukan untuk kembali, kenangan adalah harta yang tak kalah berharga. Untuk yang selanjutnya, silahkan saja, kutunggu.

Advertisements

2 thoughts on “NGGEGEK BARENG WONG TUW(A)EK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s