EGO

Tak hanya bosan bicara tapi juga bosan mendengar. Tak ingin salah dimengerti tapi pergi saja jika terlalu sulit dipahami. Jangan usik hening yang dia pilih, itu bagian hidupnya. Tak ingin ditanyai karena sudah bosan menjawab. Belum apa-apa saja sudah menghantui. Baru tahu saja kok sudah membanggakan diri. Banyak yang belum diketahui dan sok tahu tidak akan menambah pengetahuan, tidak membuatmu pantas dipandang tapi justru sebaliknya sangat ingin dia hindari.

Rumit, sulit, entah apa maunya. Dia sedang mencari, dia sedang belajar. Dia tidak pintar, dia tidak ingin bodoh. Dia mungkin satu ego di antara sejuta, mungkin tak istimewa tapi tak juga biasa. Andai pun luar biasa tergantung darimana melihatnya karena dua sisi membuatnya naik sekaligus turun. Jangan banggakan dia, dia lebih tahu dirinya. Biarkan dia. Dia memang semaunya karena yang dia tahu hanya apa yang dia rasa.

Tak hanya tak ingin bicara tapi juga tak ingin mendengar, lagi. Jika kata sudah diucapkan, jangan pernah minta dia mengulangi. Jika belum mengerti coba terjemahkan sendiri. Sebuah buku boleh dibaca berulang-ulang agar bisa dipahami. Jangan gunakan egomu karena mungkin tak akan sesuai, jangan juga gunakan egonya kamu tak akan mengerti.

Jika maaf bisa mewakili tak akan segan dia ucapkan karena mesti bosan bicara, bosan mendengar, kata-katalah tempat dia lari. Tidak ada yang salah jadi jangan menyalahkan diri sendiri. Ini hanya tentang seorang ego yang memang semaunya sendiri. Seorang ego yang tidak enggan berbagi tapi bukan untuk dimonopoli. Dia hanya berdiri pada tanah yang dia pilih, dan dia sudah memilih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s