KADO PERNIKAHAN

“Perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki.” Kata-kata seperti ini sering sekali kudengar, sudah sejak lama dan kurasa bukan aku saja.  Dulu aku tidak paham apa maksudnya, kadang juga tidak terima, meski saat ini aku punya pemahaman sendiri tentang kata-kata itu. Sebagaimana kata-kata itu tercipta, aku diyakinkan dan yakin kalau setiap manusia tercipta berpasangan.

Sungguh suatu misteri Tuhan bekerja. Misteri yang membuat sebagian kita terus bertanya bahkan tak jarang memaki. Kita tidak pernah tahu sampai terjadi meski kadang kita sudah “diberitahu” tapi tetap tidak mengerti. Meski pada akhirnya kita tidak akan kuasa menolaknya sebagaimana juga kita tidak bisa memaksanya jika memang bukan jodoh kita.

Maka sebuah kesadaran membawaku pada sebuah pemahaman bahwa jika perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki aku yakin suatu saat aku pasti tahu “padanya” aku harus kembali, bagaimanapun caranya. Begitu juga sebaliknya jika dari tulang rusuk laki-laki perempuan diciptakan sudah semestinya laki-laki mengenali bagiannya yang hilang, rusuknya yang hilang.

Untuk para sahabat yang sudah menemukan “asalnya”, juga bagi mereka yang sudah menemukan “rusuknya” kuucapkan selamat meski aku yakin masih panjang jalan yang harus dilalui, masih banyak yang akan terjadi. Maka kalian adalah dua individu yang telah berikrar pada sebuah janji dan komitmen bersama. Ingatlah komitmen kalian bersama jika jalan terasa mulai buntu. Ingatlah janji kalian berdua ketika kata-kata tak lagi semanis madu. Karena hidup adalah perjuangan. Berjuang sendiri atau bersama, kalian yang menentukan.

Leave a Reply

